Bupati Apresiasi Komitmen CPA Hirosi

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat mendatangani deklarasi 3R yang dilakukan oleh CPA Hirosi Papua di sela-sela perayaan HUT CPA Hirosi Papua ke-18 di CPA Hirosi Papua, Selasa (15/1). (foto : Yewen/Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, memberikan apresiasi kepada Club Pencinta Alam (CPA) Hirosi Papua yang telah berkomitmen membina generasi muda untuk tetap mencinta lingkungannya, terutama menjaga Hutan Cycloop di Kabupaten Jayapura.

“Kita memberikan apresiasi sekaligus terima kasih untuk anak-anak muda yang tergabung dalam CPA Hirosi selama 18 tahun ini terus aktif membina dan melakukan kreasi-kreasi baru untuk generasi muda, agar tetap menjaga lingkungan,” ungkapnya kepada wartawan, usai menghadiri perayaan HUT CPA Hirosi ke-18 di CPA Hirosi Papua di Sentani, Selasa (15/1).

Mathius, menyampaikan saat ini orang lebih banyak bicara politik, padahal isu lingkungan sangat penting untuk diberikan perhatian secara serius, seperti yang dilakukan oleh CPA Hirosi Papua selama ini di pegunungan Cyloop Jayapura.

“Ini penting sekali, bagaimana kita bisa menjaga hutan, tanah, dan lain sebagainya, agar tetap lestari hingga tahun yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua CPA Hirosi Papua, Marshall Suebu, menyampaikan bahwa momentum perayaan ulang tahun CPA Hirosi Papua ke-18 tahun ini, pihaknya mendeklarasikan aksi reuse (mengurangi), reduce (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang) sampah.

“Aksi ini yang gelorakan, sehingga orang tidak membawa botol minum, tempat makan, dan sapu tangan sendiri. Dengan begitu akan mengurangi sampah yang dimulai dari dirinya masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, Marshal, menyatakan pihaknya mendukung penuh program Pemkab Jayapura melalui go adipura yang telah dicanangkan pada minggu yang lalu.

Dalam momentum HUT CPA Hirosi Papua ini juga dilakukan deklarasi untuk mendaki dengan ketinggian 400 meter di bawah permukaan laut. Di dalam pendakian ini akan diperkenalkan kulit kayu pembuatan noken, berbagai macam rumput dan hutan. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *