Tidak  Sampaikan  SPJ, Dana Desa 10 Kampung Tidak Cair 

Fiktor/Cepos
Setyo Budi, S.Sos, M.AP

BIAK-Para kepala kampung khususnya di wilayah Kabupaten Biak Numfor kembali diingatkan supaya tetap memperhatikan surat pertanggungjawaban (SPJ)  penggunaan dana desa. Mereka diminta supaya tidak hanya pintar menggunakan dana desa itu, namun juga harus pintar dalam memberikan laporan pertanggungjawaban tepat waktu.

  Pasalnya jika tidak memberikan SPJ, maka konsekwensinya dana desa yang dicairkan bertahap itu bakal tidak bisa dicairkan. Ya, setidaknya kejadian tidak cairnya dana desa tahap III dari 10 kampung di Kabupaten Biak Numfor pada bulan Desember lalu menjadi salah satu pelajaran berarti. Gara-gara tidak memberikan SPJ penggunaan dana desa tahap II, kesepuluh kampung itu tidak bisa melakukan pencairan dana desa tahap III.

  “Memang benar, ada 10 kampung yang tidak bisa mencairkan dana desa tahap III. Ini gara-gara mereka tidak memasukan SPJ penggunaan dana desa tahap II, ya pencairan dana desa ini kan tiga tahap dan memang wajib dipertanggungjawabkan secara bertahap,” ujar Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Kampung (DPMK) Kabupaten Biak Numfor Setyo Budi, S.Sos, M.AP saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, kemarin.

  Setyo Budi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak instansi terkait dengan kemungkinan masih bisa dicairkannya dana desa tersebut. Hanya saja, perlu memperhatikan sejumlah mekanisme termasuk dengan melakukan konsultasi ke pihak KPPN, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

  “Kami sudah komunikasi dengan pihak terkait, khususnya terkait dengan 10 kampung yang belum cair dana desanya ini. Intinya akan dicarikan solusi, namun tentu tetap akan memperhatikan aturan, kita tidak mau ada masalah kemudian. Namun hal terpenting dengan kejadian ini, diharapkan menjadi perhatian semua kepala kampung di Kabupaten Biak Numfor sehingga kedepan tidak terjadi lagi,” ujarnya lagi. ‘

  Di Kabupaten Biak Numfor sendiri jumlah kampung tergolong lumayan banyak. Secara keseluruhan terdapat 257 kampung, jumlah sebanyak itu belum termasuk 8 kelurahan. Dengan demikian, maka diharapkan dengan adanya bantuan dana desa itu maka masyarakat di kampung-kampung lebih sejahtera.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *