Jalan Putus Diperbaiki Awal Februari

Tampak jalan yang putus akibat longsor, yang berada di badan jalan samping masuk Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (10/1) kemarin. (FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM. mengatakan, jalan yang putus akibat longsor di badan jalan samping masuk Kantor Wali Kota Jayapura, secepatnya akan diperbaiki di awal bulan Februari ini.

Dimana, saat ini tim teknis terus  melakukan perhitungan berapa biaya dibutuhkan untuk perbaikan jabgka pendek dan jangka panjang, karena dalam pernaikan ini akan ada dua desain uang diusulkan.

Untuk desain pertama jangka pendek, longsoran akan ditimbun kembali, sampai di badan jalan, kemudian dipasang bronjong untuk memperkuat timbunan supaya tidak lagi longsor dan bronjong diberi penahan.

Sedangkan, untuk jangka panjang akan diperbaiki butuh waktu 2 sampai 3 tahun lagi, dengan masang tiang pancang supaya tanah tidak goyang, kemudian jalan bisa diaspal dengan kuat.

“Untuk penanganan jangka pendek kita akan timbun lagi, dengan penanganan 2 sampai 3 bulan, mulai awal Februari nanti, dengan membutuhkan dana sekira Rp 500 juta . Untuk penanganan jangka panjangnya dibutuhkan waktu 2-3 tahun kedepan, dengan  dana yang dibutuhkan  sekira Rp 2-3 miliar,”ungkapnya kepada wartawan, Kamis(10/1)kemarin.

Menurut Wawalkot, putusnya jalan itu, diawali karena sumbatan berasal dari gorong-gorong, yang terpasang didekat Kantor Wali Kota yang satu alur dengan jalan putus itu, dimana gorong-gorong ini tersumbat, akhirnya air masuk ke celah tanah dan dibiarkan cukup lama sehingga tanah di bawah tidak kuat akhirnya longsor.

Dengan demikian, ini bukan terjadi karena adanya beban berat saat dilewati atau daerah sana resapan air, namun karena air yang mengalir ke gorong-gorong tersumbat akhirnya meresapnya ke bawah jalan.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *