Safari Natal, Bupati Oktemka Dengar Aspirasi Masyarakat

SAFARI NATAL: Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka, SIP., disambut masyarakat secara adat saat melakukan kegiatan Safari Natal di Distrik Yetfa, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat (4/1) lalu(FOTO : .Noel/Cepos)

JAYAPURA-Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka, SIP., mengadakan kegiatan Safari Natal dan Tahun Baru 2019 di Distrik Yetfa, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat (4/1) lalu.

Dalam Safari Natal tersebut, Bupati Oktemka melakukan tatap muka dan mendengarkan aspiras masyarakat dan aparat pemerintah yang ada di Distrik Yetfa.

Bupati Oktemka dan rombongan yang tiba di lapangan terbang Terpones disambut secara adat oleh masyarakat dari 6 kampung di Distrik Yetfa yaitu Kampung Yetfa, Melki, Pris, Muara I, Muara II dan Dules.

Dalam tatap muka dengan aparat pemerintah dan masyarakat, Bupati Oktemka banyak mendapat masukan.

Salah satunya dari Kepala Kampung Yetfa, Thimotius Klai yang meminta adanya pembangunan terminal di Yetfa. “Kami minta ada terminal di Yetfa agar masyarakat bisa naik kendaraan angkutan umum dengan baik,” pinta Thimotius Klai.

Aspirasi juga datang dari kelompok mahasiswa yang diwakili Stapen Yafet Taku. Dalam tatap muka tersebut, Stapen Taku mengatakan, mahasiswa/mahasiswi dari 6 kampung di Distrik Yetfa sangat membutuhkan beasiswa dan asrama. Sebab para mahasiswa dari Distrik .

“Kami membutuhkan tempat tingal, karena selama ini kami masih numpang di Jayapura,” pinta katanya.

Aspirasi lain yang disampaikan kepada Bupati Oktemka dalam tatap muka tersebut, di antaranya permintaan pergantian kepada kampung dan kepala Puskesmas yang tidak aktif, serta persoalan infrastruktur.

Dalam tatap muka tersebut, masyarakat juga memberikan apresiasi kepada Bupati Oktemka yang telah mengunjungi masyarakat di Distrik Yetfa.

“Kami memberikan apresiasi kepada bupati yang sudah datang mengunjungi kami dan kami masyarakat berterima kasih untuk pembangunan jalan yang sudah masuk ke kampung kami,” ucap Kepala Kampung Yetfa, Thimotius Klai.

Apresiasi yang sama juga diberikan tokoh pemuda Kabupaten Pegunungan Bintang, Tarius Mul, S.Sos. Menurutnya, pemerintah mulai dari pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Pegunungan Bintang, telah menjawab kebutuhan masyarakat di antaranya dengan membangun jalan.

“Kami mengapresiasi pemerintan pusat dan Papua dan Pengunungan Bintang yang mengalokasikan dana untuk pembangunana jalan antar kabupaten oleh pemda Pegubin,” ujar Tarius Mul yang juga merupakan kader Partai Demokrat Kabupaten Pegunungan Bintang.

Terkait hal ini Tarius Mul mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mendukung proses pembangunan yang dilakukan Pemkab Pegunungan Bintang di antaranya pembangunan jalan antar kabupaten dan distrik bisa lancar dengan baik.

“Kita harapkan masyakat dapat mendukung proses pembangunan karena ini merupakan terobosan pembangunan yang luar biasa di wilayah pegunungan,”  ujarnya.

Apresiasi yang sama juga diberikan angota DPRD Kabupaten Keerom, Moses Kelamin memberikan apresiasi adanya kunjungan Bupati Pegunungan Bintang di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Keerom.

Terkait aspirasi yang disampaikan masyarakat, Bupati Oktemka juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendukung berlangsungnya pembangunan jalan. Bupati Oktemkan memberikan apresiai kepada masyarakat yang telah melindungi para pekerja jalan sehingga dapat bekerja dengan baik.

“Soal jalan ini, kita bangun sampai ke Aboi, Terapu dan sampai Okbak. Kami tidak bisa bangun di wilayah Keerom. Jalan ini, periode pertama saya bongkar  karena butuh pengerasan, maka jika masyarakat izinkan periode kedua saya akan aspal,” tandasnya.

Terkait oknum kepala kampung dan kepala Puskesmas yang tidak aktif, Bupati Oktemka berjanji akan menindak tegas oknum kepala kampung dan kepala Puskesmas yang tidak aktif.

“Bagi yang tidak aktif saya ganti. Berikan nama-nama kepala kampung dari masyarakat untuk kita ganti,” tegasnya.

Bupati juga memberikan penegasan kepada aparat kampung, tenaga pendidikan dan kesehatan untuk melayani masyarakat dengan baik, karena jika tidak dirinya akan memberikan sanksi tegas.

“Bapak-bapak harus sayang Mama-mama yang membesarkan anak-anak dan menjaga mereka sebagai suatu keluargga,” tutupnya.

Dalam kegiatan Safari Natal dan Tahun Baru 2019, Bupati Costan Oktemka didampingi tokoh pemuda Tarius Mul, S.Sos., memberikan bingkisan Natal kepada anak-anak di Distrik Yetfa, (oel/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *