Diduga Komunikasi Dengan KKB, Seorang Wanita Diperiksa

Denny/ Cepos
AKBP. Jan Bernard Reba, SE, MSi

WAMENA — Kapolres Jayawijaya AKBP Jan Bernard Reba menyebutkan jika diamankan salah seorang Wanita yang tergabung dalam tim 7 yang melakukan investigasi kasus Nduga dengan inisial RK dikarenakan adanya dugaan komunikasi dengan kelompok-kelompok separatis disana yang ditemukan dalam leptopnya hanya dilakukan pemeriksaan.

Menurutnya, yang bersangkutan diduga melakukan komunikasi dengan kelompok —kelompok yang sementara ini sedang dicari oleh aparat keamanan dalam kasus Ppembunuhan terhadap 17 karyawan PT. Istaka Karya di Kabupaten Nduga awal desember kemarin, RK juga akan dimintai keterangan dalam pemeriksaan.

kami mengamankan yang bersangkutan untuk dimintai keterangan karena ada beberapa jaringan komunikasi dan bukti yang didapatkan didalam leptop milik RK,jelasnya Jumat (28/12) kemarin.

Dalam kasus ini, Kata Kapolres Jayawijaya, pasca penangkapan RK memang banyak orang dari pemerhati HAM dan lainnya yang meminta RK dibebaskan, namun ia telah menjelaskan jika kepolisian mempunyai hak untuk praduga dan meminta keterangan dari seseorang jika itu diperlukan dan ini di jamin oleh undang —undang,
jadi tidak ada intervensi atau intimindasi lain dari pada hak-hak sipil, tetapi ini dilakukan sesuai dengan undang —undang,kata Jan Reba,
Artinya, lanjut Kapolres, kalau yang bersangkutan patut diduga turut serta atau ikut serta maka kepolisian mempunyai hak untuk memintai keterangan dan dalam 1×24 jam maka akan dilepaskan, dan kalau kepolisian mendapat bukti —bukti baru maka akan dipanggil kembali untuk dimintai keterangan.

ini bukan ditangkap tetapi diamankan dan dimintai keterangan karena memiliki gambar dan foto yang ada di HP dan leptop yang sering digunakannya namun Ia suudah dibebaskan ,bebernya

Ia menambahkan jika, status dari RK hanya diperiksa sementara waktu saja tidak ada maksud lain, karena dugaan melakukan komunikasi dengan kelompok-kelompok KKB sehingga saat diamankan ia dikembalikan lagi pada waktu yang sama.(jo/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *