Pembangunan Fisik Terminal Tipe A Entrop Baru 35 Persen

Dr.Benhur Tomi Mano, MM. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Progres pekerjaan fisik pembangunan Terminal tipe A di Entrop, Distrik Jayapura Selatan, kini telah mencapai hampir 35 persen. Hal ini dikatakan Walikota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Rabu(5/12)lalu.  “Secara fisik bangunan pembangunan Terminal tipe A Entrop baru sekitar 35 persen, dan kita akan terus pacu sampai 100 persen, hingga tahun 2019 nanti,”ungkapnya.

   Dijelaskan, pembangunan Terminal tipe A Entrop, menelan dana sekira Rp 30 miliar, sumber bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI. Dengan kucuran dana terbagi dalam dua tahap yaitu tahap pertama sebesar Rp 15 Miliar untuk tahun anggaran 2018 dan tahap kedua Rp 15 Miliar untuk tahun anggaran 2019.

  Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat setempat bisa terus mendukung pembangunan Terminal hingga selesai dan dioperasikan dengan maksimal.

 Dijelaskanya, terminal tipe A atau Terminal Induk berfungsi melayani kendaraan umum secara nasional maupun internasional, termasuk angkutan antar kota antar provinsi dan angkutan lintas batas negara.

   Dimana, untuk sarana dan prasarana di terminal tipe A ini lebih komplit, semua terkoneksi dengan baik, diatur dengan baik tidak lagi semrawut. Karena kewenangan pengelolaan Terminal Tipe A menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. Sedangkan  terminal Tipe B menjadi kewenangan Provinsi dan terminal Tipe C kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

 “Sebagai ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura layak harus memiliki Terminal Tipe A dan ini harus jadi tolok ukur daerah lain di Provinsi Papua, karena kita Jayapura sebagai barometer di wilayah Timur Indonesia,”jelasnya.(dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *