Bangun Kapal Wisata Danau Sentani, Siapkan Rp 7 Miliar

Suasana pertemuan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura bersama konsultan untuk pembuatan kapal di ruang rapat Wakil Bupati Jayapura, Jumat (7/12).(FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI-Untuk mewujudkan Danau Sentani sebagai salah satu tempat tujuan wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyediakan atau menyiapkan anggaran sebesar Rp 7 miliar lebih untuk pembangunan kapal wisata tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, MKP, mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar Rp 7 miliar lebih di APBD induk untuk pembangunan kapal wisata yang akan dimulai pada 2019 mendatang.

“Untuk membuat kapal ini, kami sudah siapkan anggaran Rp 7 miliar, di kapal nanti ada ruang bermain anak, sehingga nanti ada tambahan anggaran untuk pembuatan kapal wisata ini,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Jumat (7/12).

Kapal wisata ini kapasitasnya akan menampung kurang lebih 80 orang dengan kapasitas mesin ada sekitar 20 KPA,” tambahnya.

Alfons, menjelaskan, pembuatan kapal wisata ini akan dibuat di Sentani. Hal ini dilakukan agar ada aspek pemberdayaan terhadap masyarakat lokal yang mempunyai kemampuan merakit kapal tersebut.

“Bahan baku pembuatan kapal ini yang tidak ada di Jayapura akan didatangkan dari luar Papua dan dalam penjelasan, ada 3 kali pengiriman bahan baku, mulai dari pembuatan bodi, aksesoris deck I dan II, dan finishing. Jadi ada 3 kali pengiriman bahan baku dari luar Papua,” jelasnya.

Dia menyatakan untuk teknisi sendiri belum dipastikan, karena proyek pembuatan kapal wisata ini akan dilakukan lelang melalui ULP dan siapapun yang dapat akan menggerjakan kapal tersebut  harus sesuai dengan desain yang telah tentukan.(bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *