Bupati Yalimo: Terbukti Korupsi, ASN Dipecat

Bupati Yalimo Lakius Peyon. (FOTO : Takim/Cepos)

JAYAPURA Pernyataan  Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Drs.  Paulus Dwi Laksono Harjono, MAP, yang akan memblokir 146 database Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Papua yang terbukti bersalah melakukan pelanggaran tindak pidana korupsi (Tipikor).

  Menangapi hal  tersebut Bupati   Yalimo, Lakius Peyon, S.ST mengatakan bahwa akan selalu mendukung semua peraturan yang berlaku dan juga prosedur yang ada. Dimana salah satunya melakukan pemecatan  para ASN yang sudah terbukti dengan surat  putusan dengan melakukan tindakan pidana korupsi (Tipikor).

  “Jika memang aturannya sudah jelas dan yang bersangkutan juga sudah terbukti dan sesuai dengan prosedur yang ada, pasti akan dipecat,”kata Bupati   Lakius Peyon, S.ST kepada Cenderawasih Pos saat menghadiri kegiatan   di Abepura,   Rabu (5/12).

  Pihaknya juga mengakui bahwa, untuk Kabupaten Yalimo terdapat 3 orang yang sudah terbukti pernah melakukan tindakan pidana tipikor. Dari 3 orang tersebut satu orangnya sudah meninggal dunia sementara yang lainnya masih dalam masa tahanan.

  “Untuk data terakhir yang saya ingat ada 3 orang, dan untuk kepastiannya nanti kami akan melakukan kroscek kembali dan memastikan para ASN tersebut,” jelasnya.

  Sementara itu, terkait informasi   wajib lapor ke Kantor Regional IX BKN Jayapura terhadap ASN yang terkait pidana korupsi tersebut, Bupati Lakius mengaku  baru mendapatkan informasi tersebut.   “Untuk tindakan lebih lanjut akan kami lakukan, namun pada intinya terkait informasi ini jujur saja saya baru tau dan baru dengar,”kata Lakius.

  Sementara menurut keterangan Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Drs.  Paulus Dwi Laksono Harjono, MAP beberapa waktu lalua, mengatakan bahwa sudah melakukan koordinasi melalui surat masuk yang disebar ke   29 Kabupaten/Kota di Provinsi Papua. (kim/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *