Sektor Pertanahan Berpeluang Tingkatkan PAD

Arius Yambe, SH, MT (FOTO DOK CEPOS)

JAYAPURA- Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Papua Arius Yambe, SH, MT., mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua memiliki peluang dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pertanahan, melalui penerapan Zona Nilai Tanah (ZNT). Artinya, perhitungan nilai jual tanah yang diukur berdasarkan zona dan nilai jual tanah di pasaran.

“Ini yang belum dilaksanakan di Papua. Kalau Pemerintah Provinsi Papua berkehendak, ZNT ini diterapkan dengan sebaik-baiknya di Papua, sehingga PAD semakin meningkat, sebab penerapan ZNT ini sudah terbukti sukses diterapkan di daerah-daerah Indonesia bagian barat untuk meningkatkan PAD,” ungkap Arius Yambe, SH, MT., kepada Cenderawasih Pos, Selasa (4/12) kemarin.

Melalui ZNT, PAD yang didapatkan Pemprov melalui Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). “BPHTB ini diperoleh, ketika negara memberikan hak kepada orang per orang atau badan hukum, maka orang atau badan hukum tersebut wajib memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah setempat. Kemudian, ketika transaksi jual-beli tanah atau peralihan hak atas tanah terjadi, maka itupun kena BPHTB dengan dasar jual nilai tanah dikali luas tanah dan nilai tanah tanah ini yang nantinya melalui proses penghitungan ZNT,’’jelasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *