Klinik Asiki dan PT. Papua Agro Lestari Gelar Pengobatan Gratis

Tim Klinik Kesehatan Asiki saat memberikan pengobatan bagi warga Kampung Muting

MERAUKE – Tim CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Papua Agro Lestari (POP-F) bersama Klinik Asiki PT. Tunas Sawa Erma melaksanakan kegiatan kepedulian sosial kepada masyarakat dalam bentuk pengobatan massal secara gratis di Kampung Muting, Distrik Muting-Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (1/12).

Tim CSR tiba di Balai Kampung Muting pukul 09.00 WIT setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih 3 jam, selanjutnya melakukan persiapan untuk pengobatan gratis kepada masyarakat.

Kali ini tim CSR yang berjumlah 14 orang bekerja sama dengan Puskesmas Pembantu (Pustu) Muting dalam pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Kampung Muting yang antusias dalam kegiatan ini, terlihat dari jumlah pasien sebanyak 144 orang yang terdiri dari anak-anak hingga lanjut usia.

Selain memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat Kampung Muting, kegiatan diawali dengan edukasi kepada anak-anak Kampung Muting tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar, yang diberikan langsung oleh dr. Firman Jayawijaya selaku Manager Klinik Asiki. Setelah edukasi anak-anak diberikan sikat gigi, pasta gigi dan sabun mandi.

dr. Firman Jayawijaya dalam keterangannya seusai pemeriksaan mengatakan, masyarakat banyak yang mengeluh sakit dengan keluhan sakit pada tulang atau penyakit yang biasa kami sebut dengan Myalgia.

“Dimana penyebabnya kemungkinan karena aktivitas mereka yang berkebun, berjualan, dan sering mengangkat berat. Sedangkan penyakit pada anak-anak kami lebih banyak menemukan penyakit ISPA (Inpeksi Saluran pernafasan Akut) terutama pada bayi yang berumur kurang dari 1(satu) tahun,”Ungkapnya.

“Penyebabnya bisa karena Infeksi atau karena kondisi saat ini kita berada pada musim pancaroba yang bisa mempengaruhi ketahan tubuh dan lingkungan”.tambahnya.

Sementara itu Menurut tutur Danramil Muting Krets Bawotong bahwa pihaknya sebagai aparat sangat bersyukur tim CSR PT. Papua Agro Lestari (PAL) bersama dengan Klinik Asiki datang untuk membantu dalam pengobatan massal gratis tersebut dan berharap kegiatan itu dapat berlanjut sampai di kampung-kampung yang terpencil yang jauh dari fasilitas kesehatan.

CSR PT. PAL yang bekerja sama dengan Puskesmas keamanan dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang bertepatan dengan hari HIV/AIDS sedunia tersebut merupakan hal yang positif yang dilakukan perusahaan dan diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Senada dengan itu Klemen Mahuze selaku tokoh masyarakat kampung Muting yang juga sekaliogus selaku ketua RT 2, mengaku senang dan berterima kasih dengan adanya pelayanan ini.

“Kami merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Semua masyarakat Kampung Muting bersyukur dan berterima kasih karena semua ini berkat Tuhan, sehingga dari pihak perusahaan bisa membuat salah satu program yang mereka datang untuk melakukan pengobatan massal,”tuturnya.

Dirinya menambahkan atas nama pemerintah kampung mengucapkan terima kasih. Karena dalam menjelang hari raya Natal, ini juga merupakan sumbangan dari perusahaan kepada masyarakat yaitu berupa pengobatan gratis secara massal.

Karena itu, ia berharap agar program CSR bakti sosial yang dilakukan oleh PT. Papua Agro Lestari ini yang bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat agar bisa tumbuh berkembang bersama-sama.

‘’Perusahaan terus berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat baik dari segi kesehatan, ekonomi, pendidikan maupun infrastruktur”, tutur H. Sabara Dawenan S.E, M.SI, selaku Deputi PT. PAL. (ulo/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *