Jika Di atas HET, Laporkan

Aktifitas bongkar muat beras di Gudang Dolog Jayapura, Selasa (4/12). Bulog memastikan jika stok sembako aman dan DPRD Kota akan ikut mengawasi harga penjualan.(FOTO : Gamel Cepos)

JAYAPURA – Kepala Bulog Divre Papua – Papua Barat, Fauzi Muhammad memastikan bahwa stok sembako khususnya beras, minyak goreng, gula dan tepung terigu aman hingga bulan Mei 2019. Ia meminta masyarakat tak khawatir apalagi melakukan aksi borong. Selain itu ia juga memastikan bahwa harga enceran tertinggi masih diterapkan dan bila ada mitra Bulog yang menjual  di atas harga tersebut ia meminta untuk dilaporkan.

“Stok aman, saat ini di gudang ada 8000 ton dan di depo masih tersimpan 15.000 ton dan ada juga yang sedang dalam perjalanan. Karenanya saya memastikan jika stok beras atau sembako aman hingga beberapa bulan ke depan,” kata Fauzi usai mengantarkan rombongan DPR Kota Jayapura menengok gudang beras di Tasangka, Polimak, Selasa (4/12). Fauzi kembali mengingatkan bahwa masyarakat tak perlu khawatir sebab stok sembako banyak  dan setiap minggu pihaknya melakukan mapping dan survey ke pasar-pasar untuk memastikan harganya.

“Untuk beras itu Rp 10 ribu/liter dan gula Rp 12.500/ Kg dan ini berlaku nasional termasuk Papua dan daerah-daerah sebab semua diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan. Jika ada yang jual di atas maka kami coret sebagai mitra,” bebernya. Sementara Jhon Betaubun yang memimpin rombongan DPRD Kota Jayapura menyampaikan bahwa dalam rapat konsultasi dan koordinasi untuk memastikan stok sembako, pihaknya akhirnya tenang sebab stok menjelang Natal maupun tahun baru dipastikan aman.

“Dari telah menerima penjelasan menyeluruh dan kami bersyukur sebab ketersediaan sembako untuk Kota Jayapura bahkan Papua tak ada masalah hingga Mei tahun depan. Dari hasil ini  kami meminta masyarakat untuk tenang dan berbelanja seperti biasa, tak ada persoalan soal stok maupun harga,” kata Jhon usai mengecek gudang beras. Ia juga meminta jika ada yang bermain harga maka sebaiknya langsung dilaporkan mengingat Bulog telah menyatakan kondisi aman dan tak bakal terjadi kelangkaan.

“Dengan ketersediaan sembako ini kami juga akan mengawasi agar seluruh harga sesuai dengan Permendag tadi karena bulog sudah menyiapkan dengan harga murah atau terjangkau, silahkan merayakan Desember dengan situasi yang damai,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *