Di Papua, Pekerja yang Aktif Bayar BPJS Hanya 61,26 %

Adventus Edison Souhuwat.( FOTO :  Fiktor/Cepos)

BIAK-Jumlah para pekerja yang aktif membayar iuran jaminan ketenagakerjaan di BPJS baru 68.000 peserta dari total 111.000 pekerja atau sekitar 68,26 %. Sementara sekitar 31,74 % belum maksimal membayar iuran asuransinya. Untuk  jumlah perusahaan atau badan usaha yang terdaftar sudah mencapai 2.800-an.

   Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Papua Adventus Edison Souhuwat mengatakan bahwa pihaknya terus membangun komunikasi dengan berbagai perusahaan supaya mengikutkan tenaga kerjanya dalam program asuransi. Pasalnya, dengan BPJS Ketenagakerjaan itu akan membantu perusahaan dalam hal jaminan asuransi bagi para pekerjanya.

  “Program BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu jaminan keselamatan kerja dari pemerintah kepada semua lapisan masyarakat, khususnya lagi yang dipekerjakan oleh perusahaan. Untuk itu, hak-hak para pekerja melalui jaminan keselamatan kerja tentu perlu pula diperhatikan oleh perusahaan dengan memberikan jaminan asuransi BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

  Dijelaskan, bahwa ada 4 macam jaminan yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan diantaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Namun dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan masa kerja para pekerja di perusahaan, misalnya saja jaminan kepada pekerja proyek (karyawan tidak tetap) dan karyawan tetap tentunya tidak sama.

  Sedangkan manfaatnya, lanjut Adventus, adalah mendapatkan pelayanan kesehatan seperti pengobatan dan perawatan, mendapatkan santunan berupa uang dan dibedakan menjadi 4 macam. “Santunan itu diantaranya mendapatkan biaya ganti pengangkutan peserta jika mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja,  ke rumah sakit dan/atau ke rumahnya dan sudah termasuk biaya untuk pertolongan pertama pada kecelakaan dan lainnya,” jelasnya.(itb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *