Bupati Tonny:  Tetap Fokus  Pembangunan Infrastruktur

Bupati Yapen Tonny Tesar, S.Sos didampingi Kadis PUPR Ir. Nurhadi ketika saat kunker melihat pembangunan jalan. (FOTO : Sinambela/Cepos)

SERUI-Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos menegaskan bahwa pihaknya tetap berkomitmen  tahun 2019  memberikan perhatian lebih pada pembangunan infrastruktur, untuk terus ditingkatkan.

Sebab, menurut Bupati Tonny,  percepatan pembangunan iInfrastruktur berdampak positif  bagi sektor lain. Oleh karena itu, dana APBD akan dialokasikan untuk  pembangunan infrastruktur  Kabupaten Kepulauan Yapen,.

“Salah satunya jalan ke Ansus dan Dawai, kita akan menyambut PON 2020 yang di laksanakan di Provinsi Papua,  itu lah salah satunya kita harus mempercepat Infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Yapen,” terangnya saat memimpin  apel pagi, Senin kemarin.

  Apabila jalan sudah bagus, kata Bupati, trans Yapen sudah terhubungkan, seperti jalan Serui-Dawai, Serui-Ansus dan Serui-POOM-Windesy. Jika  infrastruktur jalan dan jembatan selesai dibangun, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan penggangguran berkurang karena lapangan pekerjaan bertambah. Hasil bumi masyarakat baik pertanian dan nelayan sudah bisa dipasarkan ke berbagai daerah khususnya ke ibukota kabupaten, alhasil tingkat kemiskinan berkurang.

  Oleh karena itu, tahun anggaran  2019 tetap focus pada pembangunan infrastruktur jalan. Sebab, terbukannya akses jalan ke berbagai Distrik dan Kampung, turut pula membuka obyek-obyek wisata yang selama ini kurang disentuh masyarakat karena akses jalannya belum tersedia.

   Misalnya Wisata di Kampung Sarawandori  yang kian diminati pengunjung. Begitu pula dengan Pantai Abokarey. Di samping itu, wilayah pantai utara juga tidak ketinggalan obyek wisata yang sudah terkenal yaitu Pulau Miossindi dan Pulau Miosnum. Hal yang sama Yapen bagian Timur memiliki obyek wisata yang sungguh luar biasa.

   Percepatan  pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk membangkitkan atau lebih menggairahkan pertumbuhan di berbagai sektor yang akhirnya akan membuka kesempatan kerja dan masyarakatnya akan lebih sejahtera karena hasil bumi dapat dipasarkan. “Kini berbagai ruas jalan di Ibukota kabupaten sudah licin dan bagus hingga ke berbagai pinggiran ibukota,” imbuhnya.

  Sementara itu , politikus   PKPI Yapen, Yermias Bless, ST mengakui bahwa kemajuan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan secara signifikan sudah mengalami kemajuan di bawah kepemimpinan saudara Bupati Tonny Tesar, S.Sos dan Wakil Bupati Frans Sanadi, BSc, S.Sos, MBA. Dewan sebagai mitra kerja eksekutif, mendukung penuh langkah dan program saudara Bupati untuk membawa atau membangun Yapen lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera lagi.

   Ia menyadari kesulitan dan penderitaan masyarakat ketika jalan belum dibuka, masyarakat hanya menggantungkan transportasi laut dengan perahu tradisional. Betapa sedihnya dan menderitanya masyarakat apabila ombak menerpa perjalanannya. Nyawa mereka pun terancam, bebernya. Oleh karena itu, fokus pemerintah untuk membangun infrastruktur tahun 2019.”Sebagai wakil rakyat kami sangat setuju demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (rin/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *