Pemasangan APK di Riben Mobil dan Jalan Protokol, Dilarang

Suasana pertemuan antara Bawaslu, KPU, Kapolres Jayapura, dan Kejaksaan Negeri Jayapura di Kantor Bawaslu Kabupaten Jayapura, Senin (3/12).( FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Komisioner Bawaslu Kabupaten Jayapura, Nazaruddin Sililuli, SH, mengatakan, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di kaca riben mobil dan di sepanjang jalan protokol tidak diperbolehkan (dilarang).

“Kita sudah sepakati bersama bahwa pemasangan APK di riben mobil di jalanprotokol tidak boleh, kecuali di tempat atau zona yang telah disepakati,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor Bawaslu Kabupaten Jayapura, Senin (3/12).

Untuk penertiban APK sendiri, Bawaslu Kabupaten Jayapura telah melakukan pertemuan dengan stakeholder terkait, dalam hal ini KPU Kabupaten Jayapura, Polres Jayapura, Kejaksaan Negeri Jayapura.

Menindaklanjuti pertemuan ini, menurut Nazaruddin, pihaknya akan melakukan penertiban kembali kepada setiap APK yang masih terpasang di sepanjang jalan protokoler dan kendaraan umum lainnya di Kabupaten Jayapura.

“Rencana besok (hari ini-red) kita akan melakukan operasi gabungan untuk menurunkan atau menertibkan APK yang pemasangannya tidak sesuai dengan zona yang disepakati. Kita mulai dari batas kota sampai dengan daerah Waibu,”ucapnya.

Dia menyatakan, untuk kendaraan umum tidak diperbolehkan pasangan calon ataupun partai politik (Parpol) untuk memasang APK, karena sesuai peraturan perundang-undangan tidak diperbolehkan.

“Kami dari Bawaslu dan KPU sudah sepakat bahwa memasang APK di kendaraan umum seperti taksi tidak diperolehkan, sedangkan untuk mobil pribadi dari Caleg silahkan untuk memasang,”ujarnya. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *