Februari, KONI Canangkan TC PON 2020

Sekum KONI Kenius Kogoya.

Kenius Kogoya.( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua akan mencanangkan pemusatan latihan atau Training Center (TC) terpusat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 pada Februari 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya. Dikatakan, KONI Papua akan melakukan pencanangan paling lambat Februari 2019.

“KONI sudah menyusun jadwal per 1 Oktober hingga Februari 2019, periodesasi umum latihan fisik atlet dan setelah TC berjalan ini akan dilakukan seleksi tim inti untuk kemudian masuk dalam pemusatan latihan,”ujar Kenius kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (3/12).

Dikatakan, TC atau pemusatan latihan berjalan yang kini dijalani para atlet ada lapisan satu dan dua dan Februari itu akan dilakukan tes berkala kedua, untuk mengukur parameter kemampuan dari masing-masing atlet.

Dengan dilakukan tes itu, KONI dan cabang olahraga akan putuskan atlet mana yang akan masuk dalam TC PON.

“Sebelum pencanangan, kita akan tes fisik ulang, kita ingin tahu kemampuan atlet sejauh mana,”paparnya.

Menurut Kenius, anggaran untuk TC PON 2020 juga sudah diusulkan kepada Pemerintah Provinsi Papua, dimana, anggaran itu akan difokuskan untuk pelaksanaan TC, khususnya uang saku atlet dan pelatih setiap bulannya.

Anggaran itu juga nantinya digunakan untuk back up kegiatan KONI maupun try out bagi cabang olahraga ke luar Papua, bahkan keluar negeri.

Kenius menuturkan, untuk mendukung suksesnya TC PON Papua, KONI Papua mengusulkan anggaran sebesar Rp 600 miliar.

Oleh karena itu, Kenius meminta kepada atlet maupun pelatih agar latihan dengan sungguh – sungguh dalam menyiapkan diri menyambut ajang olahraga empat tahunan itu.(eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *