APBD TA 2019 Ditetapkan Naik 4.58 Persen

PENETAPAN APBD TA 2019-Penyerahan penetapan APBD TA 2019 oleh Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, SH.,kepada Wali Kota Jayapura, dalam sidang penatapan Raperda APBD Kota Jayapura TA 2019, di ruang sidang DPRD Kota Jayapura, Senin (3/12)kemarin.( FOTO : Priyadi/Cepos)

Menjadi Rp 1.3 Triliun Lebih

JAYAPURA- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Jayapura Tahun Anggaran 2019, telah ditetapkan menjadi Perda dalam rapat paripurna DPRD Kota Jayapura masa persidangan III Tahun 2018, Senin (3/12). Dimana, untuk APBD Kota Jayapura TA 2019 ditambah dana penerima pembiayaan totalnya sejumlah Rp 1.381.480. 351.434 atau mengalami kenaikan sebesar Rp 4.58 persen dari APBD TA 2018 sebesar 1.320. 926.123.280.
  Dalam kesempatan itu, Wali Kota Jayapura dalam pengantar pidatonya mengatakan, pihak eksekutif sebagai institusi penyelenggara pemerintahan dan pembangunan, akan senantiasa ditunjang oleh anggaran yang harus disampaikan kepada pihak legislatif sebagai institusi yang melakukan tugas budgeter, untuk mengakaji dan mengevaluasi, kesesuaian penyusunan APBD berdasarkan kebijakan-kebijakan strategis yang telah disepakati bersama dalam nota kesepahaman tentang Kebijakan Umum dan Anggaran (KUA), serta Penetapan Plafon Anggaran Sementara (PPAS),  yang selanjutnya telah menyetujui Raperda APBD Kota Jayapura Tahun Anggaran 2019 menjadi Perda.
  ” Substansi APBD TA 2019 telah terekam dalam nota keuangan dan rancangan Perda tentang APBD Kota Jayapura TA 2019, dimana telah dikaji, dibahas, dikritisi oleh alat-alat kelengkapan dewan yang terhormat, serta mendapatkan persetujuan melalui pendapat akhir fraksi-fraksi dewan dalam memenuhi asas kesatuan pengelolaan keuangan daerah yang telah di diamanatkan dalam ketentuan pasal 82 PP Nomor 58 tahun 2005,”terangnya.
Ditambahkannya, untuk semua saran konstruktif yang disampaikan, tetap senantiasa menjadi sarana bagi pihak eksekutif, untuk memicu berbagai perubahan, sekaligus pendorong sikap responsivitas, terhadap dinamika pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang terus berubah dengan cepat.
  Sementara itu, Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo SH., dalam sambutannya  mengatakan, atas nama masyarakat Kota Jayapura menyejutui hasil Penetapan Raperda APBD TA 2019 untuk ditetapkan jadi Perda APBD TA 2019. Karena ini sudah Legal secara yuridis dan  sah secara hukum.
  Untuk itu, atas nama lembaga DPRD Kota Jayapura, berharap semua  program kegiatan yang dilaksanakan TA 2019, yang telah ditetapkan dalam sidang ini, bisa dikakukan dengan tepat waktu, tepat sasaran dan bisa dibuatkan pertanggungjawabannya.
Kemudian, untuk memudahkan monitoring dewan yang dilaksanakan oleh  pengguna anggaran,  para OPD dan unit OPD harus menyiapkan panduan acuan dan indikator, dalam memudahkan dewan mengukur kinerja OPD dalam mengawasinya.(dil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *