Misi Lessa Gagal

Osvaldo Lessa (foto : Erik/Cepos)

JAYAPURA-Pelatih Kepala Osvaldo Lessa kembali gagal memberikan kemenangan bagi Persipura Jayapura dalam laga tandang, setelah dikalahkan oleh tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 2-1 pada pekan ke-33 Liga 1 2018 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (1/12).

Persipura Jayapura sempat ungguk di menit 45’ melalui gol Todd Rivaldo Ferrre. Namun gol tersebut dibalas tuan rumah melalui eksekusi penalti Bruino Silva pa menit 51. Di masa injuri time, Bruino Silva kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa timnya mengamankan tiga poin di kandangnya.

Kekalahan ini menambah catatan minor laga tandang Persipura musim ini. Sebab, dalam 17 laga tandang yang sudah dilakoni Persipura Jayapura musim ini, 11 di antaranya berakhir dengan kekalahan dan  5 laga berakhir imbang. Sementara satu kemenangan Persipura diraih atas PSMS Medan saat tim Mutiara Hitam ditukangi oleh pelatih sementra Toni Ho.

Laga kontra PSIS Semarang merupakan partai tandang terakhir Persipura musim ini, sebelum kembali ke Stadion Mandala Jayapura menjamu Perseru Serui dalam derby Papua, Sabtu (8/12) mendatang.

Kekalahan ini menguburkan mimpi arsitekt Persipura Jayapura Osvaldo Lessa untuk memberikan kemenangan bagi Persipura dalam laga away terakhirnya musim ini. Sebab pertandingan kontra PSIS Semarang merupakan laga away ke-5 bersama Persipura. Hasil terbaik yang diraih saat menahan imbang tuan rumah Madura United dengan skor 2-2, sementara empat laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Pelatih Kepala Persipura, Osvaldo Lessa mengatakan bahwa timnya sudah bermain maksimal. Hanya saja, dua kesalahan mereka berhasil dimanfaatkan oleh tim lawan yang berbuah gol.

“Saya sudah sampaikan kepada pemain di ruang ganti, jika kita buat kesalahan maka lawan bisa cetak gol,” ungkap Osvaldo Lessa dalam press release yang diterima oleh Cenderawasih Pos melalui Asisten Manager Persipura Jayapura, Bento Madubun, Minggu (2/12).

Lessa juga memuji penampilan para pemain mudanya yang menampilkan pemainan menawan. Dalam laga ini, Lessa memasang Gunansar Mandowen dan Todd Rivaldo Ferre sejak menit awal.

“Persipura bagus, banyak pemain muda dan dalam pertandingan ini jawab bagus dan main sambil menit terakhir. Kita harus pikir ke depan,” katanya.

Pelatih asal Brasil ini tidak ingin terlalu larut dalam kekalahan ini. Dirinya mengatakan bahwa mereka harus bangkit untuk menatap laga terakhir mereka kontra Perseru Serui.

“Pertandingan sudah selesai, PSIS menang. Kita sekarang harus pikir ke depan, pertandingan dengan Perseru. Serta juga harus pikir persiapan musim depan,” ujarnya.

Sementara itu, pemain senior Persipura, Yustinus Pae mengatakan hal yang sama. Dirinya menuturkan bahwa pertandingan ini sudah usai, dan akan fokus pada pertandingan terakhir saat menjamu Perseru Serui dalam derby Papua.

“Pertandingan sama-sama bagus juga, Persipura dan PSIS Semarang, kekalahan ini menjadi PR untuk pelatih dalam menyelesaikan pertandingan terakhir,” tutupnya.

Kekalahan ini menempatkan Persipura Jayapura menempati peringkat 12 dengan koleksi 44 angka. Sementara untuk PSIS Semarang, kemenangan ini mendongkrak posisi mereka ke peringkat 8 dengan rahian 46 poin. (eri/nat)

Susunan Pemain PSIS vs Persipura

PSIS (4-2-3-1): Joko Ribowo; Gilang Ginarsa, Petar Planic, Muhammad Rio Saptura, Frendi Saputra; Nerius Alom, Muhammad Yunus, Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho, Komarudin; Bruno Silva.

Pelatih: Jafri Sastra

Persipura (3-4-3): Panggih Prio Sembodo; Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Valentino Telaubun; Prisca Womsiwor, Todd Rivaldo Ferre, Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes; Gunansar Mandowen, Hilton Moreira, Addison Alves

Pelatih: Oswaldo Lessa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *