Perayaan 1 Desember, Lakukan Pendekatan Kemanusian

Ketua Dewan Adat Yapen Ones Wayoi (FOTO DOK CEPOS)

SERUI – Ketua Dewan Adat Yapen Ones Wayoi menegaskan bahwa pendekatan senjata oleh TNI dan POLRI bagi kelompok yang tidak sepaham dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia hendaknya ditiadakan dalam perayaan hari Kemerdekaan Papua tepatnya 1 Desember.

“Mari kita melakukan pendekatan- pendekatan kemanusiaan bagi saudara-saudara yang tidak sepaham dengan NKRI,” pintanya.

  Dikatakannya, melalui diskusi atau pendekatan-pendekatan yang ia lakukan dengan yang tidak sepaham NKRI, keadaan mereka seperti itu karena adanya rasa cemburu akibat kurang perhatian lebih dari Pemerintah. “Banyak kecewa karena gagal dari CPNS , tidak lulus TNI atau POLRI serta lain sebagainya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia pun berharap 1 Desember dapat dilewati dengan Hati yang Sukacita di Pulau Panjang Kabupaten Kepulauan Yapen tanpa ada keributan-keributan yang membuat pertumpahan darah dan membuat banyak perempuan perempuan yang menjadi janda serta anak anak yang menjadi yatim piatu.

Yapen adalah pencetus Zona Damai bagi Tanah Papua. Hendaknya harus dijaga dengan baik. Sehingga berbagai pergerakan peringatan 1 Desember tidak boleh terjadi.

“Perjalanan panjang yang cukup memakan waktu yang cukup panjang pula dalam memperjuangkan Papua Merdeka sudah kita lalui begitu melelahkan, berbagai pergerakan muncul dimana-mana sampai Kongres Papua di GOR Jayapura,” tandasnya.

  Sesungguhnya, kata Ones, bahwa bagian itu sudah rampung dalam konsepsi bahwa motif Papua Merdeka itu di kendalikan oleh Presidium Dewan Papua.  “Perjuangan ini sudah berjalan maksimal berjalan kita lalui, tetapi Tuhan belum memganugerahkan semuanya bagi masyarakat Papua. Ini kita harus yakini sebagaimana tertulis Alkitab Roma 13 tentang “Tidak ada pemerintah yang datang tanpa restu Tuhan”.

1 Desember jangan dtakuti, masyarakat bekerja seperti biasa. Petani bekerja di kebun, nelayan melaut dan pedagang berjualan. “Papua yang damai harus terus kita tegakkan dan rakyatnya hidup sejahtera pemerintah terus perjuangkan,” katanya.(rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *