Penghapusan Pajak Motor Bakal Rugikan Negara

Gerzon Jitmau (foto : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Wacana penghapusan pajak kendaraan bermotor yang dilontarkan salah satu kader Partai politik, memang menuai berbagai komentar. Tidak ketinggalan Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua, Gerzon Jitmau, yang menyebutkan bahwa seandainya saja pajak kendaraan bermotor itu dihapuskan, maka bukan hanya sangat merugikan Papua, melainkan merugikan seantero negara Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

    “(Seandainya pajak kendaraan dihapuskan) bukan merugikan Papua. Ini merugikan negara, dari Sabang sampai Merauke. Namun, bagi saya, pemerintah pusat yang berkebijakan untuk mengelola sumber daya alam (SDA) Indonesia dan potensi di Indonesia untuk membangun negara ini, termasuk di daerah otonomi khusus, otonomi daerah, dan lainnya,” ungkap Gerzon Jitmau kepada wartawan, Jumat (30/11) kemarin.

   Untuk itu, tidak semudah membuat keputusan untuk menghapuskan pajak kendaraan tanpa melihat kondisi di masing-masing daerah di Indonesia. Artinya, kondisi di Jakarta akan berbeda di Papua, yang mana dari segi SDM yang mengelola SDA masih belum siap, sehingga masih membutuhkan waktu.

  “Kami tidak begitu mengikuti perkembangan (soal penghapusan pajak kendaraan bermotor). Namun, satu yang hal yang pasti ialah landasan hukum dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sampai saat ini belum direvisi. Dengan kata lain, pemerintah masih tetap berpegang dan menjalankan amanat undang-undang tersebut,” pungkasnya. (gr/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *