Pelni Siapkan 4 Kapal Perintis Layani Intra Papua

Ruddy Penturi. (Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Guna meningkatkan pelayanan masyarakat di Papua dalam hal transportasi menjelang Natal dan Tahun Bari, Pelni Cabang Jayapura menyediakan 4 kapal perintis yang beroperasi mengantarkan para penumpang antar pulau di setiap perairan di Papua.

Kepala Pelni Cabang Jayapura, Ruddy Penturi mengatakan, saat ini kapal perintis yang dioperasikan oleh pihaknya melayani rute intra Papua ada 2 kapal yaitu Sanus 58   dan Sanus 29. Sedangkan Sanus 81 dan Sanus 100 akan segera dioperasikan jika  sudah ada serah terima.

“Tarifnya sangat murah seperti halnya tarif Jayapura-Sarmi hanya Rp 15 ribu hal ini dikarenakan kapal perintis merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam melayani jasa transportasi,” Kata Ruddy kepada Cenderawasih Pos, belum lama ini.

Lanjutnya, rute jarak dekat yang pihaknya layani adalah rute ke Sarmi. Sedangkan untuk rute jauhnya adalah Serui. Untuk Papua Barat dilayani oleh kapal perintis lainnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pengoperasian kapal-kapal perintis yang disediakannya dapat membantu masyarakat.

“Yang menjadi kendala bagi kami dalam pengoperasian kapal-kapal perintis di Papua atau di Jayapura adalah, kami di Jayapura tidak memiliki dock, sehingga untuk perbaikan kapal kami masih melakukannya di Sorong. Hal ini tentunya sangat menghambat kami dalam beroperasi. Selain itu spare part juga susah, sehingga pelayanan kami sejauh ini masih belum terakomodir dengan baik,” terangnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *