Yanto Euay akan Perbaiki Tantanan Adat di Kampung Sereh

Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay saat bersalaman dengan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, usai dikukuhkan menjadi Ondofolo Kampung Sereh di Pendopo Boy Eluay, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupate Jayapura, Rabu (28/11).(FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Yanto Eluay resmi dikukuhkan menjadi ondofolo Kampung Sereh menggantikan almarhum ondofolo Boy Eluay. Pengukuhan ini dilakukan di Pendopo Boy Eluay, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (28/11).

Usai dikukuhkan menjadi Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay mengatakan, pihaknya akan memperbaiki seluruh struktur dalam tantanan adat di Kampung Sereh, sehingga seluruh masyarakat di kampung ini mengetahui adat, terutama pimpinan adatnya.

“Saya sebagai ondofolo di bawahnya ada kepala suku, di bawahnya juga ada abuafa, akona-akona, dalam struktur adat ini, kami akan mengevaluasi dan memperbaiki sehingga masyarakat di Kampung Sereh bisa memahami siapa dirinya dan apa yang harus dilakukan ke depannya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Yanto mengatakan, pihaknya juga akan melihat potensi alam yang ada di dalam wilayah adat Kampung Sereh. Salah satunya adalah potensi air minum yang dikelola oleh PDAM dan potensi wisata seperti air terjun dan lainnya yang akan dikelola sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat di Kampung Sereh.

“Untuk segi keamanan sendiri, kita lihat Kampung Sereh sudah menjadi kampung heterogen, sehingga kita harus bangun sinergi untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kampung ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, berharap agar dikukuhkannya Ondofolo Yanto Eluay ini, maka wibawa adat untuk dijaga dan semakin dijunjung tinggi untuk memberikan warna dan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Kampung Sereh.

“Kita berharap adat harus benar-benar menjaga wibawa adat dan bersinergi dengan pemerintah dan gereja untuk membangun kabupaten ini ke depan yang lebih baik lagi,”pungkasnya. (bet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *