Komitmen Cegah Penyakit  TBC

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie saat menandatangani komitmen RAD di ruang rapat Wakil Bupati Jayapura, Rabu (28/11).(FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Untuk menanggulangi atau mencegah penyakit TBC yang masih menjadi urutan satu kematian di Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura bersama stakeholder lainnya melakukan komitmen sebagai wujud dari eliminasi TBC Tahun 2030 mendatang.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, TBC di Kabupaten Jayapura masih menjadi masalah kesehatan yang utama, di mana TBC merupakan penyebab kematian yang pertama yaitu ada 30 orang pada 2017 lalu.

“Kegiatan hari ini sangat penting untuk kita dapat menyumbangan pikiran, waktu dan tenaga agar kita dalam satu hati menyempurnakan Rencana Aksi Daerah (RAD) dalam rangka memerangi penyakit TBC yang sangat berbahaya ini melalui gerakan yang kita kenal dengan slogan temukan, obati sampai sembuh pasien TBC,” ujarnya kepada wartawan usai membuka kegiatan RAD penanggulangan TBC di ruang rapat Wakil Bupati Jayapura, Rabu (28/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan, TBC merupakan penyakit terbesar, sehingga membutuhkan keterlibatan semua pemangku kepentingan.

“Kita juga inginkan pada satu titik nanti di mana RAD ini kita susun untuk mencapai eliminasi atau kasus TBC ini menurun sampai 90% dan kematian karena TBC ini bisa menurun dari 2014 sampai tahun di mana kita eliminsasi bisa menurun sampai 95%,” ujarnya. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *