Pemkab akan Tambah Guru Kontrak 100 Orang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Alphius Toam (Robert Mboik Cepos)

Alpius Toam (FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Dalam rangka mengisi kekosongan guru di setiap sekolah, terutama di SD dan SMP, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura  akan menambah guru kontrak sekitar 100 guru.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dan Kebudayaan, Alpius Toam saat ditemui wartawan di ruang kerjanya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura, Senin (26/11).

Menurut Alpius, kebutuhan guru di Kabupaten Jayapura belum terpenuhi semuanya. Walaupun demikian, penyebaran guru sudah merata di setiap sekolah, baik yang ada di wilayah kota sampai di daerah pinggiran kota.

“Masih ada kekurangan guru SD sekitar 300 orang,”ucapnya.

Dia menyatakan, bupati sudah meminta kepada Dinas Pendidikan untuk menambah guru kontrak sebanyak 100 orang, sehingga jumlah keseluruhan guru yang dikontrak Pemkab Jayapura sebanyak 450 orang.

“Tenaga guru kontrak ini dari Pelita Harapan dan Indonesia Cerdas. Kalau kita menunggu tes pegawai negeri sipil, waktunya terlalu lama,” ujarnya.

Alpius menyampaikan, saat ini pihaknya belum melaksanakan seleksi guru kontrak tambahan, karena masih menunggu tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Untuk Dinas Pendidikan kuotanya kurang lebih 220 guru yang direkrut.

“Nanti setelah perekrutan CPNS,  kita akan lihat kekurangannya berapa, barulah kita lakukan perekrutan guru kontrak untuk mengisi kekosongan guru yang ada di Kabupaten Jayapura,” pungkasnya. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *