PN Jayapura Bersinergi dengan Bank BTN

PERESMIAN: Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Setyawan Hartono, SH., MH., bersama
Ketua Pengadilan Negeri Jayapura IA, Khamim Thohari SH.,MH., dan Branch Manager Bank BTN Jayapura Bona Rumapea meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) dan Outlet Bank BTN di Pengadilan Negeri Jayapura, Jumat (23/11).

Dalam Memberikan Pelayanan Prima bagi Masyarakat Pencari Keadilan

JAYAPURA-Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Setyawan Hartono, SH., MH., bersama Ketua Pengadilan Negeri Jayapura IA, Khamim Thohari SH,, M.Hum., didampingi Branch Manager Bank BTN Jayapura Bona Rumapea meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) dan Outlet Bank BTN di Pengadilan Negeri (PN) Jayapura IA, Jumat (23/11).

Adapun peningkatan sistem dan infrastruktur layanan tersebut untuk memberikan peningkatan layanan yang diberikan PN jayapura kepada masyarakat. Layanan tersebut menyangkut urusan persidangan, pendaftaran, dan informasi lainnya terkait Pengadilan Negeri dapat langsung dilayani secara singkat dan cepat bagi masyarakat, serta dipermudah dengan adanya layanan perbankan yang juga hadir pada Kantor Pengadilan Negeri Jayapura.

Selain melalui perbaikan infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia, Pengadilan Negeri Jayapura juga telah memiliki aplikasi e-Court yang bertujuan memangkas waktu pengurusan dan biaya-biaya pengurusan di Pengadilan yang selama ini berlangsung. Hal ini juga mempermudah masyarakat dalam pembayaran karena dapat dilakukan selama 24 jam dengan metode virtual account melalui layanan perbankan.

Aplikasi e-Court sendiri merupakan pelaksanaan dari Peraturan Mahkamah Agung No 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara secara Elektronik di Pengadilan. Aplikasi ini terdiri atas tiga layanan utama yakni pendaftaran perkara (e-filling), pembayaran panjar uang perkara (e-payment), dan penyampaian pemberitahuan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons). Dengan adanya ketiga hal tersebut akan sangat membantu pencari keadilan dalam memangkas waktu dan biaya yang selama ini dikeluarkan.

Untuk memastikan layanan e-Court tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat, Branch Manager Bank BTN Jayapura Bona Rumapea selaku mitra kerja sama Pengadilan Negeri Jayapura juga menghadirkan ATM Bank BTN agar memaksimalkan pelayanan pada instansi mitra kerja tersebut.

Menurut Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Khamim Thohari SH, M.Hum perbaikan infrastruktur pada Pengadilan Negeri Jayapura melalui PPTSP adalah tahap awal untuk terus memberikan layanan bagi masyarakat, kedepan akan ditingkatkan perbaikan layanan pada jam waktu sidang yang tepat waktu, serta berita acara pengadilan yang lebih cepat dipersiapkan.(ist/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *