Petugas Bandara Diajak Kenali Jenis Narkoba

Fiktor/Cepos
Peserta sosialisasi P4GN ketika diperkenalkan bagaimana cara mendeteksi Narkoba lewat mesin X-Ray di Bandara Frans Kaiseipo Biak, kemarin.

BIAK-Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Biak Numfor kembali menggelar sosialisasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), kemarin. Kali ini yang menjadi sasaran tempat sosialisasi adalah Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Sosialisasi yang dititikberatkan pada pengenalan Narkoba Airport Security itu diikuti 30 orang peserta yang merupakan petugas dan karyawan PT Angkasa Pura II Bandara Frans Kaisiepo Biak. Diharapkan dengan sosialisasi itu, para petugas di bandara tersebut dapat memonitor narkoba lewat mesin X-Ray.

“Sosialisasi tentang P4GN ini sengaja kami lakukan di PT. Angkasa Pura I Biak dengan maksud petugas dapat memahami dengan baik tentang perlunya mengetahui bahaya dan pencegahan Narkoba ini. Ya, salah satunya mengenali dan mampu mendeteksinya melalui mesin X-Ray,” kata Kasat Narkoba Polres Biak Numfor AKP Mika Rumbrapuk kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

Menurutnya, dalam sosialisasi itu dilakukan pengenalan berbagai jenis narkoba. Dengan maksud, petugas dapat membantu dalam mencegah masuknya Narkoba di wilayah Biak Numfor dan sekitarnya. ‘Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak semua pihak memiliki komitmen bersama memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba,” tandasnya.

Dijelaskan, untuk menekan angka penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang telah dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa, tentu tidak akan efektif jika hanya difokuskan pada langkah penindakan, olehnya sangat tepat jika sistem komunikasi informasi dan edukasi termasuk kepada masyarakat dilakukan dengan berkesinambungan.

Sosialisasi yang terus dilakukan, lanjut Mika Rumbrapuk, merupakan salah satu langkah awal untuk menyatukan niat, pola pikir dan tindakan bersama, untuk mengajak dan mengarahkan segala upaya dan memperkuat komitmen memerangi penyalahgunaan narkoba baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, kampus, instansi pemerintah dan swasta, utamanya masyarakat umum.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *