Jelang 1 Desember, Jangan Ada Kegiatan Melanggar Hukum

Denny/ Cepos
AKBP Jan Bernard Reba, SE, MSi

WAMENA-Menjelang 1 Desember yang diklaim sebagian orang Papua, sebagai hari Melanesia, Polres Jayawijaya nampaknya sudah menyiapkan anggotanyanya untuk melakukan antisipasi. Dimana di tempat –tempat yang dianggap rawan dengan aksi masyarakat, diharapkan tidak ada kegiatan yang melanggar hukum di Wamena dan sekitarnya.

Kapolres Jayawijaya AKBP Jan Bernard Reba mengimbau jika seluruh umat Kristiani di Jayawijaya jangan memposisikan diri pada kegiatan –kegiatan yang tak membawa dampak positif, tetapi bisa lebih memfokuskan diri untuk perayaan Natal yang notabanenya pada 2 Desember itu sudah dimulai.

“Kami memang sudah mempersiapkan anggota kami untuk melakukan antisipasi 1 Desember, namun kami ingatkan masyarakat lebih fokus dengan perayaan natal dari pada mengikuti kegiatan –kegiatan yang bisa merugikan diri sendiri,”ungkap Kapolres Jan Reba, Sabtu (24/11) kemarin.

Kapolres berharap, di wilayah kerja Polres Jayawijaya yang meliputi Kabupaten Jayawijaya, Yalimo dan Nduga ini, dapat mengakhiri tahun 2018 ini tanpa ada pertumpahan darah. Untuk itu, jangan sampai ada kegiatan yang mengundang adanya tindakan –tindakan yang tidak diinginkan, seperti kejahatan, perang suku dan sebagainya.

“Kami sudah mulai minimalisir adanya dampak –dampak kejahatan, sehingga kalau ada informasi yang membutuhkan bantuan, maka saya akan meminta backup dari Polda dan TNI untuk wilayah yang masuk tanggungjawab Polres Jayawijaya,”kata Jan Reba.
Jan Reba mengaku ada beberapa wilayah yang sudah dipetakan sebagai daerah rawan, baik di Wamena , Nduga dan di Yalimo. Karena itu, nanti akan ditempatkan anggota di daerah-daerah rawan itu.

Ia menegaskan, jangan coba ada kegiatan –kegiatan yang melanggar hukum seperti di Tulem , dalam Kota Wamena , dan ia mengingatkan jangan ada kegiatan apapun dalam 1 Desember di Wamena. “Saya akan sampaikan lewat media dan pengumuman-pengumuman lewat Bimas Polres Jayawijaya agar jangan ada kegiatan–kegiatan seperti ini,”tegasnya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *