Atas Permintaan Masyarakat, Bupati dan Wabub Dilantik di Paniai

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH, secara resmi melantik pasangan Meky Nawipa – Oktovianus Gobay sebagai Bupati dan Wakil Bupati Paniai, di Enarotali, Kabupaten Paniai, Jumat (23/11) lalu.

 

JAYAPURA- Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., mengaku bahwa berdasarkan aturan, pelantikan bupati/wali kota sejatinya dilakukan gubernur di Ibu Kota provinsi. Sementara pelantikan gubernur dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden.

“Namun, atas permintaan bupati dan masyarakat Paniai, akhirnya, selaku Gubernur Papua, saya menyurati Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri, meminta persetujuan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Paniai dilaksanakan di Paniai. Hal ini yang kemudian disetujui,” kata Lukas Enembe usai melantik pasangan Meky Nawipa – Oktovianus Gob

ay sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paniai periode 2018 – 2023 di Aula Kantor Bupati Paniai, Jumat (25/11) lalu.
Menurut Gubernur, banyak peristiwa yang telah dilewati selama proses Pilkada berlangsung. Apalagi, hanya ada dua kandidat yang bertarung. “Mau dapatkan suara itu susah. Tapi inilah hasil pilihan rakyat masyarakat Paniai. Dengan demikian Bupati-Wabub yang dilantik kini telah menjadi milik masyarakat Paniai,” ujarnya.

Enembe pun mengimbau pula agar tidak lagi terjadi perpecahan kelompok di masyarakat antara pendukung pasangan calon saat pemilihan umum. Artinya, dirinya tidak menginginkan adanya kubu-kubu di tengah masyarakat, sebab, bupati dan wabub yang dilantik ini menjadi pemipin bagi seluruh masyarakat Paniai.

“Bupati dan Wabup, di sisi lain, harus menjaga kepercayaan masyarakat Paniai selama lima tahun memimpin kedepannya. Hal ini pun tidak lepas dari pada pembangunan Paniai yang lebih baik lagi. Jaga kepercayaan masyarakat dan berikan yang terbaik. Jangan jadi Bupati yang tidak disenangi. Itu bahaya karena bisa menimbulkan konflik di masyarakat. Sebaliknya, harus rangkul semua lawan politik saat Pilkada lalu,” paparnya.

Sementara itu, usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Paniai, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Papua, Ny. Yulce Enembe juga melantik Ketua TP PKK Kabupaten Paniai, Nurhaidah Wally Nawipa, di Enarotali, Kabupaten Paniai, Sabtu (25/11) lalu.

“Tugas ibu-ibu bukan hanya berada di dapur melayani suami. Sebaliknya, seorang Ketua TP PKK ialah mendukung suami dalam pelayanan pemerintah,” kata Ny. Yulce Enembe dalam sambutan pelantikan PKK Paniai, Sabtu (24/11) lalu. (gr/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *