2000 Rumah Warga Sudah Terlayani Air Bersih

Noel/Cepos
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Keerom Yunus Rudy Gedi saat memantau pemasangan pipa sebagai penyalur air bersih bagi warga di Arso.

KEEROM – Sebanyak 2000 rumah warga di Kabupaten Keerom telah menikmati layanan air bersih oleh pemerintah Kabupaten Keerom.

“Air bersih sudah kita launching di RSUD Kwaingga dan di masyarakat juga sudah jalan, Provinsi sudah bangun 2000 sambungan rumah. Tetapi yang aktif 1.500 saja,” kata Kepala Dinas PUPR Keerom, Yunus Ruddy Gedi kepada Cenderawasih Pos, Jumat, (25/11).

Hingga kini pihaknya akan terus berupaya memperbaiki jika menemukan beberapa hambatan dalam penyaluran air bersih bagi warga masyarakat di Wilayah Arso. “Karena dibangun tiga tahun, jadi kita sedang perbaiki dan masih berjalan dua jam pagi dan dua jam sore,” katanya.

“Hari ini dua jam pagi sore di masyarakat dan besoknya tidak jalan karena dialirkan ke RSUD Kwaingga, selanjutnya ke masyarakat,”jelasnya.
Sementara itu, soal retribusi air bersih bagi masyarakat, menurut Yunus, restribusi tersebut akan dilakukan setelah dibuatnya peraturan daerah Perda dalam pengelolaan hingga pembayaran air bersih.

“Jadi ini uji coba, nanti kita akan lihat di Perda baru kita melakukan penagihan,” jelas Kadis.
Ditambahkan bahwa air ini diproduksi dengan mengunakan biay, seperti untuk bahan bakar solar untuk mendorong air ke rumah warga. Jadi meski saat ini gratis, masyarakat tetap harus bisa hemat, karena kedepan akan ada penarikan dan setelah dibuatkan Perda menyangkut tariff air ini. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *