Tembak di Tempat Bagi Jambret dan Begal

Denny/ Cepos
Kapolres Jayawijaya AKBP. Jan Bernard Reba, SE, MSi

BIAK-Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, S.IK, M.Si dan Kapolres Jayawijaya AKBP. Jan Bernard Reba, SE, MSi, nampaknya tidak mentolerir lagi para pelaku kejahatan yang ada di wilayah hukum mereka. Bahkan, keduanya menginstruksikan untuk menembak di tempat para pelaku kejahatan yang membahayakan nyawa korbannya, baik para pelaku penjambretan, begal maupun pelaku Curanmor.

“Saya sudah instruksikan kepada semua anggota tanpa terkecuali, jika menemui ada kejadian penjambretan supaya pelakunya didor saja, ya ditembak di tempat. Kita tidak boleh main-main, perbuatan yang mereka lakukan cukup membahayakan nyawa orang lain dan perlu didor di tempat saja,” tegas Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, S.IK, M.Si.

Kapolres Mada mengimbau masyarakat, korban penjamberatan atau tindak kejahatan lainnya supaya minimal bisa memperhatikan ciri-ciri pelaku atau petunjuk lainnya yang bisa menjadi petunjuk dalam melakukan kekerasan. Dia menyatakan, tidak akan mentolerir setiap tindak kejahatan di Biak siapapun pelakunya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Jayawijaya AKBP. Jan Bernard Reba mengaku frekuensi kasus curanmor cukup meningkat, sekalipun polisi sudah melakukan tindakan pencegahan dan penindakan, tetapi tidak menurunkan niat pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

“Para pelaku ini tidak tanggung-tanggung untuk merampok dengan cara begal. Karena itu, memasuki bulan Desember ini, saya akan memberlakukan tindakan tegas untuk tembak di tempat bagi pelaku curanmor dan perampokan,”tegasnya saat ditemui di Bandara Wamena Jumat (23/11) kemarin.

Kapolres kembali menegaskan, jika tindakan tembak ditempat ini diambil karena peringatan demi peringatan sudah disampaikan, namun para pelaku ini tidak pernah jera dengan apa yang dilakukan selama ini. Karena itu, langkah tegas untuk tembak di tempat ini harus diambil, namun sesuai dengan protap untuk melumpuhkan pelaku.

Menurut Jan Reba, dengan terbukanya jalan darat trans Papua Wamena — Jayapura, kemungkinan akan lebih tinggi lagi kasus ncuranmor. Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada dan cepat menghubungi polisi apabila ada pencurian dan penjambretan.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *