Lindungi Konsusmen, Disnakerindag Gelar Sidang Tera

Denny/ Cepos
Pelaksanaan Sidang Tera di halaman gudang penyimpanan Disnakerindag Jayawijaya, Jumat (23/11)

WAMENA- Untuk melindungi konsumen dari kecurangan dari para pedagang di pasar Jayawijaya, maka Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerindag) Jayawijaya, mulai menggelar sidang tera dalam penggunaan alat Ukur, Timbang Takaran dan Perlengkapan (UTTP) bagi seluruh pedagang yang ada di Jayawijaya.

Kepala Seksi standarisasi perlindungan konsumen dan Meterologi Legal Lodik Mosip mengaku selama dua tahun terakhir tidak dilakukan sidang tera alat timbang, sehingga potensi kecurangan di pedagang sangat tinggi pada tahun 2018.

Karena itu, Disnakerindag melibatkan staf Balai Standarisasi Meterologi Legal Regional IV, Makassar melakukan sidang tera ulang alat UTTP milik pedagang Jayawijaya.

“Di Jayawijaya potensi yang curang tinggi itu alat timbangan literanya. Banyak yang di bawahnya (di bawah timbangan) di alas akhirnya tidak sampai satu liter dari ukuran yang sebenarnya,”ungkapnya saat melakukan sidang tera di halaman Gudang Disnakerindag Jayawijaya.

Sidang tera alat ukur, timbang mulai dilakukan 21 hingga 25 November mendatang, dan sidang tera ini diwajibkan untuk seluruh pedagang yang ada di Jayawijaya.

“Tanggal 16-20 November, kami sudah distribusi undangan bagi 2.000 pedagang pemilik alat ukur, timbang, takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) untuk wajib datang dan ditera ulang semua,” ujar Lodik

Ia menjelaskan jika, Pemkab Jayawijaya melibatkan Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional IV karena pihaknya kekurangan SDM berkompeten pada bidang tersebut dan juga mengalami kendala biaya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *