Jelang Desember Komisi IV Akan Pantau Harga Tiket

JAYAPURA — Persoalan klasik yang hingga kini belum bisa terpecahkan jelang bulan Desember ternyata tak hanya terkait kebutuhan sembako. Meski secara umum sembako terus dikontrol dan dijaga agar tetap stabil namun yang cukup menyolok nantinya adalah harga tiket pesawat jelang Desember. Hampir menjadi keluhan tiap tahun jika harga tiket yang tak hanya tujuan Jayapura — Jakarta saja yang bisa selangit tetapi juga penerbangan lokal semisal Jayapura-Wamena.

Terkait ini Komisi IV DPR Papua, memastikan akan ikut memantau perkembangan harga tiket diakhir tahun. “Ini (persoalan tiket) selalu melahirkan keluhan warga. Bila akhir tahun tak sedikit yang akan melapor menyampaikan harga tiket yang gila-gilaan,” kata Thomas Sondegau ST salah satu anggota Komisi IV DPR Papua, Jumat (23/11).

Ia menyebut terkadang harga tiket Jayapura — Jakarta bisa mencapai Rp 12 juta dan hal tersebut sangat mencekik leher bagi masyarakat biasa. Komisi IV lanjut Thomas akan memastikan apakah harga tiket akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya atau masih bisa dikontrol dan dibatas kewajaran.

“Kami hanya khawatir sebab saat ini rupiah melemah dan wacana diberlakukan harga tiket terendah mulai muncul, jangan sampai yang terendah justru masih dianggap berat bagi masyarakat,” katanya. Komisi IV lanjutnya juga akan meminta pihak kepolisian untuk ikut memantau perkembangan penjualan tiket agar tidak dimanfaatkan oleh calo tiket.

“Kalau memang harus naik kami pikir tetap mempertimbangkan nilai kewajaran. Akan menjadi kurang ajar kalau menaikkan dua hingga tiga kali lipat hanya karena melihat moment. Betul mencari untung tapi jangan mencekik leher,” katanya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *