20 Tim Ramaikan Kejuaraan Gateball BBPJN XVIII

Ketua Pengprov Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Papua, Osman Harianto Marbun saat memukul bola pertama dalam Kejuaraan Gateball BBPJN XVIII Jayapura Cup,Tahun 2018 yang berlangsung di lapangan Gateball BBPJN XVIII Jayapura, Jumat (23/11).((FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Sebanyak 20 tim Gateball saling beradu dalam turnamen BBPJN XVIII Jayapura, Tahun 2018, untuk memperebutkan piala bergilir Kepala Balai Besar Jalan Nasional XVIII Jayapura, di Lapangan Gateball BBPJN XVIII Jayapura dari 23-25 November 2018.

Ketua Pengprov Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Papua, Osman Harianto Marbun, yang juga Kepala BBPJN XVIII Jayapura mengatakan, kejuaraan ini dalam rangka memperingati hari bakti PUPR ke-73 yang jatuh pada 3 Desember.

“Selain menjalin silaturahmi antar balai dalam naungan Kementrian PUPR, kejuaraan ini juga sebagai ajang pembinaan atlet Gateball PON Papua,” ungkap Osman Marbun usai membuka kejuaraan ini yang berlangsung di Lapangan Gateball BBPJN XVIII Jayapura, Jumat (23/11).

Selain itu, Osman Marbun juga menerangkan, kejuaraan ini sebagai ajang seleksi pemain Gateball PON Papua. Meskipun saat ini para atlet Gateball PON Papua sedang mengikuti TC berjalan.

“Kami sudah seleksi atlet yang akan dipersiapkan untuk PON, tapi tidak menutup kemungkinan ada atlet yang akan muncul dari kejuaraan ini. Sebab, kita masih menggunakan sistem promosi degradasi. Kita akan siapkan atlet, karena jika ada yang sakit atau ada yang lebih berkualitas bisa saja kita gantikan,” ujarnya.

Disinggung mengenai dengan target pada PON mendatang, Osman Marbun optimis dapat menyumbangkan tiga medali emas bagi kontingen Papua. Sebab, sejauh ini, tim yang dipersiapkan telah beberapa kali meraih gelar juara nasional. Hal itu yang menjadi ukuran untuk bisa meraih 3 medali emas pada ajang olahraga empat tahunan itu.

“Beberapa gelar juara nasional yang sudah kita raih, dan bermain di rumah sendiri tentu akan menjadi modal kita untuk bisa menyumbangkan medali,” katanya.

Osman Marbun menambahkan, dalam waktu dekat juga, dirinya akan segera melantik 3 pengurus pengcab PERGATSI sebagai bentuk usaha dalam mengembangkan cabang olahraga Gateball ini.

“Kami baru melantik pengurus Merauke dan Nabire, di bulan Desember kami rencanakan juga akan kembali melantik pengurus Timika, Wamena dan Biak. Kita tinggal menentukan harinya saja,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Olahraga dan Pertandingan, Edu Melki Sasarari mengatakan, turnamen ini bukan hanya diikuti oleh tim Gateball Papua, namun juga ada beberapa tim Gateball dari Provinsi Papua Barat yang ikut berkompetisi dalam kejuaraan ini.

Selain Gateball, dirinya juga menjelaskan, dalam rangka memperingati Hut PUPR yang ke 73, BBPJN XVIII Jayapura juga menggelar turnamen Futsal dan Volly yang mana puncaknya pada 1 Desember 2018. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *