Pengelola Pasar Hamadi Tertipkan Pedagang

Aktivitas pedagang dan pengunjung di pintu utama Pasar Sentral Hamadi yang baru ditertipkan oleh pengelola Pasar Sentral Hamadi, Kamis (22/11) kemarin.(FOTO : Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Banyaknya pedagang musiman yang mulai berjualan kebutuhan Natal dan Tahun Baru, seperti aneka kue kering dan petasan serta aksesoris Natal di area depan Pasar Sentral Hamadi, sehingga menyebabkan kemacetan,  disikapi pengelola Pasar Hamadi dengan melakukan penertiban.

Kepala Pasar Sentral Hamadi, Jeany .OM. Nerokouw, S. IP mengatakan, selama ini pihaknya telah membuat aturan bagi para pedagang untuk tidak berjualan di area parkir Pasar Sentral Hamadi, mengingat lokasi pasar yang cukup sempit. Akan tetapi para pedagang belum dapat mematuhi hal tersebut karena alasan mendapat izin langsung dari oknum-oknum tertentu.

“Menyikapi hal tersebut,  kami selaku pengelola pasar juga sudah membuat suatu pernyataan tegas bahwa para pedagang yang berjualan di luar area pasar dapat berjualan, hanya saja sampai  akhir tahun 2018. Ketika memasuki tahun 2019, mereka sudah tidak boleh berjualan di depan area parkir Pasar Sentral Hamadi karena akan menambah kemacetan,” ungkap Jeany kepada Cenderawasih Pos, Kamis (22/11) kemarin.

Diakui Jeany, pihaknya sudah melakukan penertiban kepada pedagang, akan tetapi dengan keterbatasan lahan dibanding banyaknya pedagang, maka hal tersebut menjadi kendala pihaknya dalam mengatur para pedagang yang berjualan.

“Untuk Pasar Sentral Hamadi kami memiliki 375 kios, belum termasuk tambahan kios atau lapak-lapak pedagang sekitar 500 lapak baru. Total kios di Pasar Hamadi semuanya sudah terisi oleh pedagang, belum lagi dengan pedagang baru atau pedagang musiman, total pedagang di Pasar Hamadi yang sudah kami data sekitar 1.000 pedagang,” jelasnya.

Lanjutnya, selain mengupayakan penertiban bagi para pedagang, pihaknya juga sedang mengupayakan penertiban area parkir bagi para pengunjung maupun pedagang yang datang di Pasar Sentral Hamadi. Untuk itu pihaknya berencana membuat parkiran portal seperti yang diberlakukan di Bandara Sentani . “Kami akan menertipkan parkiran untuk meningkatkan PAD Kota Jayapura,’’ujarnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *