Aplikasi OSS siCantik Cloud Permudah Perizinan

Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi OSS si Cantik Cloud yang digelar di Aula Diskominfo Provinsi Papua, Kamis (22/11) kemarin.(FOTO : HUMAS PEMPROV FOR CEPOS)

JAYAPURA- Aplikasi Online Single Submission (OSS) merupakan jembatan perizinan yang saling berintegrasi satu sama lain. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua, Kansiana Salle, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi OSS yang digelar di Aula Diskominfo Provinsi Papua, Kamis (22/11) kemarin.

“Dasar hukum dari Aplikasi OSS ialah Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Dengan adanya aplikasi OSS, rantai birokrasi yang selama ini memperlambat proses perizinan akan terpangkas, dimana proses perizinan dan nomenklaturnya akan berubah secara signifikan,” ungkap Kansiana Salle, Kamis (22/11) kemarin.

Lanjutnya, hal terpenting dari Aplikasi OSS ini, khususnya siCantik Cloud, tidak lain adalah kerangka berpikir dari aplikasi tersebut. Makanya, pemahaman pun harus secara baik, terutama dalam konsep kerangka dari siCantik Clound itu sendiri.

“Harus dipahami penggunaannya dengan baik. Apabila terdapat satu langkah yang terlewati dari kerangka tersebut, maka aplikasi tidak dapat memproses. Sebaliknya proses perizinan malah menjadi error. Artinya, kala terjadi langkah yang keliru, maka proses perizinan menggunakan aplikasi ini harus dilakukan kembali,” tambahnya.

Tidak ketinggalan, Salle menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah tingkat kabupaten/kota harus mengintegrasikan sistem perizinannya dengan Aplikasi OSS siCantik Cloud secara bertahap.

“Harus pula disiapkan sumber daya untuk mengimplementasikan sistem yang terkoneksi dengan Aplikasi OSS siCantik Cloud ini. Komunikasi dengan Kementerian Kominfo RI juga harus dilakukan secara rutin, sehingga bila ingin menambah fitur-fitur yang kurang pada aplikasi, dapat mudah dioperasikan secara baik,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *