Terjadi Ledakan Keras Sebelum Kebakaran

Tim Satreskrim Polres Biak Numfor saat melakukan olah TKP di salah satu rumah yang diduga sebagai sumber ledakan sebelum terjadi kebakaran di Kompleks Padat Penduduk Patina, Biak, kemarin. (FOTO : Fiktor/Cepos)

BIAK-Penyelidikan terhadap penyebab terjadinya kebakaran  di pemukiman padat penduduk di Belakang Patina Biak terus dilakukan penyidik Satreskirm Polres Biak Numfor. Selain melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) juga telah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi. Pada dasarnya penyidik masih terus mendalami penyebab terjadinya kebakaran itu.

  “Kita saat ini masih terus mendalami hasil keterangan sejumlah saksi, termasuk olah TKP. Ya, kami akan upayakan secepat mungkin menyimpulkan hasil penyelidikan ini apa penyebab kebakaran,” ujar Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, S.IK, M.Si saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, kemarin.

  Menurut Kapolres, dalam pengembangan penyelidikan jika memang harus mendatangkan tim dari Puslabfor, maka pihaknya akan segera melakukan koordinasi. “Kalau memang dalam penyelidikan memerlukan Puslabfor maka kami akan datangkan tim dari sana secepatnya,” pungkasnya.

  Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa dari sejumlah keterangan saksi di TKP menyebutkan kalau sebelum terjadi kebakaran diawali dengan sebuah ledakan yang cukup keras dari salah satu rumah warga. Belum diketahui apa penyebab ledakan itu, namun setelah ledakan diungkapkan sejumlah saksi kalau dari situ tidak lama kemudian diikuti asap tebal dan api.

   “Dari salah satu rumah warga ada ledakan besar sekali, kayak suara bom. Mungkin kompor gas ka atau apa, saya tidak tahu persis. Setelah ledakan, tak lama kemudian ada asap diikuti kobaran api, kami teriak-teriak tapi ternyata tidak ada orang dalam rumah itu. Makanya kalau ada orang mungkin warga masih bisa membantu memadamkan api, tapi pintu tak kunci jadi,” kata salah satu saksi mata yang tidak mau dikorankan namanya.

  Dari pantauan Cenderawasih Pos, sejumlah korban yang rumahnya terbakar masih datang di lokasi melihat bekas puing-puing rumah mereka itu. Ada yang sambil mencukil reruntuhan tembok dan ada juga membersihkan lokasi bekas rumahnya itu. Selain itu, rata-rata korban banyak memilih mengungsi ke rumah-rumah keluarga dan teman-temannya.

  Pihak BNPB Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga telah memasang dua buah tenda tak jauh di lokasi kebakaran,  demikian halnya juga Polres Biak Numfor memasang tenda di depan Polsek Biak Kota. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *