Launching, Mie Papua Resmi Raih Rekor MURI

Keramaian masyarakat di GOR Cenderawasih APO yang berbondong-bondong penasaran dengan kenikmatan Mie Papua yang disajikan secara gratis sebanyak 2615 porsi, Rabu (21/11) kemarin. (FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA– Berkaitan dengan Pameran dan Pagelaran Pangan Lokal yang digelar Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura di GOR Cenderawasih APO, nyatanya bertepatan juga dengan launching Mie Papua sebanyak 2615 porsi.

Tidak tanggung-tanggung, 2615 porsi mie berbahan dasar tepung sagu dan minyak buah merah ini mampu meraih penghargaan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Rekor MURI) sebagai penyajian mie sagu terbanyak.

“Seperti diketahui, ini merupakan penyajian mie sagu khas Papua yang terbanyak se-Indonesia, bahkan sedunia. Demikian, kami bersama tim telah memverifikasi jumlah sajian sebanyak 2615 porsi, di mana ini telah mampu memecahkan Rekor MURI sebelumnya,” ungkap Senior Manager MURI, Awan Rahargo, Rabu (21/11) kemarin.

Seperti diketahui, sebelumnya, Rekor MURI mencatat penyajian mie sagu khas Papua sebanyak 2019 porsi pada 2015 lalu di Kepulauan Riau. Kemudian, rekor ini dipecahkan pada April 2018 di Purwokerto dengan penyajian mie yang sama sebanyak 2445 porsi.

“Demikian, dengan penyajian 2615 porsi ini menjadi yang terbanyak dan menjadi satu hal luar biasa, di mana mie sagu khas Papua adalah satu kuliner nusantara yang kami apresiasi sebagai rekor. Mie sagu khas Papua inipun menjadi satu khazanah kuliner nusantara yang begitu luar biasa,” tambahnya.

Di kesempatan serupa, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura, Ir. Samuel Siriwa, mengharapkan dengan launching Mie Papua yang dilakukan, ke depan akan dikembangkan lagi secara masif.

“Sekarang, bagaimana kita mencintai produk lokal. Jadi kalau kita semua mencintai produk lokal, maka produk lokal akan berhasil,” tambah Ir. Samuel Siriwa.

Persoalan kini ialah ada persaingan juga dengan mie lainnya, termasuk mie instan. “Namun, yang perlu dipastikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Papua bahwa Mie Papua merupakan suatu bentuk kreasi yang berbeda dengan mie lain,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *