Masyarakat Kota Jayapura Diminta Gemar Mengkonsumsi Ikan

Salah satu peserta saat mengolah ikan, sekaligus dinilai dewan juri, dalam lomba masak berbahan dasar ikan, dalam rangka memperingati  Harkannas tahun 2018, berlangsung di halaman GOR Cenderawasih APO Jayapura, Senin  (19/11). (FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Untuk memasyarakatkan gemar makan ikan di Kota Jayapura, Pemerintah Kota  Jayapura melalui Dinas Perikanan menyelenggarakan lomba masak berbahan dasar ikan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2018, berlangsung di halaman GOR Cenderawasih APO Jayapura, Senin  (19/11)lalu.

Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Elsye Rumbekwan, didampingi Ketua Panitia Gerardus Ikanubun, mengatakan tujuan dari lomba masak berbahan dasar ikan tentunya untuk memupuk, membina dan menumbuhkan kreativitas, inovasi dari ibu-ibu khususnya ibu-ibu PKK, untuk menghasilkan, menyiapkan menu keseharian di rumah yang berbahan dasar ikan.

Dengan harapan masyarakat di Kota Jayapura setiap hari selalu gemar atau mau mengkonsumsi ikan, karena dengan mengkonsumsi ikan akan lebih banyak manfaatnya, dimana dalam kandungan ikan ada nutrisi, gizi omega 3 yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, otak; badan dan lainnya. Dari pada daging yang bisa berpotensi lemak dan mengandung kolesterol.

” Untuk itu peran kami selaku Dinas Perikanan kota Jayapura memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan serta melaksanakan lomba-lomba untuk mendukung kreativitas ibu-ibu dalam mengolah masakan ikan bagi keluarga,”ungkapnya.

  Dijelaskan,  lomba ini dibagi dalam dua menu yaitu mengolah ikan berbahan dasar ikan bandeng untuk keluarga dan mengolah ikan air laut untuk balita, dengan dewan juri dari Dinas Kesehatan, Politekes, PHRI dan Guru SMKN 1 jurusan tata boga.

 “Bagi pemenang lomba akan diikutkan di tingkat Provinsi pada tangga 22 November 2018, jika menang lagi diikutkan tingkat nasional,”imbuhnya.

Ditambahkan, peserta lomba sendiri dari kalangan ibu-ibu PKK tingkat kelurahan dan kampung se-Kota Jayapura, dimana ibu-ibu PKK dipilih mengikuti lomba karena mereka lebih tahu penyiapan menu sehari -hari bagi keluarga.

  Sementara itu, Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., dalam sambutannta yang disampaikan Asisten II Setda Kota Jayapura Drs.Nur Jainuddin Konu, MKP., mengakui, pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Perikanan terus mendorong masyarakat agar selalu gemar mengkonsumsi ikan. Karena melalui konsumsi ikan segar, masyarakat akan mendapatkan banyak manfaat yaitu terkait nutrisi gizi dari omega-3 yang ada di ikan, bisa bermanfaat untuk kecerdasan otak.

  Sehingga bagi para ibu hamil, balita, anak-anak dalam usia pertumbuhan harus selalu diberi masakan ikan.

“Pemkot  Jayapura sangat mengapresiasi kegiatan ini, diharapkan para ibu-ibu yang mengikuti lomba ini bisa bertambah Inovasi dan kreativitasnya dalam mengolah ikan di rumah dan pemerintah berharap masyarakat Kota Jayapura tetap selalu  mengkonsumsi ikan,”tandasnya.(dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *