Pemkab Lanny Jaya Siap Tangani Penggungsi   Balingga

Christian Sohilait, ST, MSi. (FOTO : Denny/ Cepos)

WAMENA-Pemkab Lanny Jaya menyatakan bertanggungjawab dengan masyarakat yang mengungsi dari Balingga, lantaran operasi yang dilakukan oleh aparat TNI-Polri  untuk mengejar  pentolan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) Purom Wenda,  yang sangat meresahkan masyarakat disana.

Sekretaris Daerah Lanny Jaya Christian Sohilait  mengaku Pemkab Lanny Jaya, tak mau ada   korban dari masyarakat dalam operasi penindakan kelompok KKSB yang ada disana.

“Kalau untuk penggalangan dana untuk masyarakat Balingga yang dilakukan di Jayapura dan Wamena saya belum tahu,  namun yang jelas kita bertanggungjawab untuk masyarakat yang menggungsi di sana,”ungkapnya Jumat (16/11) kemarin via selulernya kepada Cenderawasih pos.

Sekda Lanny Lanny Jaya memastikan jika masyarakat yang mengungsi tak ada yang kelaparan, bahkan susah di pengungsiannya. Saat ini aktifitas masyarakat di Balingga masih berjalan seperti biasa, dan pemerintah sudah memberikan pemberitahuan, jika aparat masuk kesana untuk megejar  Purom wenda masyarakat harus bergeser.

 Ia juga mempertanyakan masalah seperti apa dalam para pengungsi di Balingga hingga harus dilakukan penggalangan dana, kalauun mereka keluar dari tempatnya, itu karena ada operasi dan setelah itu mereka akan kembali lagi, pemda memang harus menghindari adanya korban dalam operasi sehingga masyarakat harus keluar.

 “Jangan sampai suasana di Lanny Jaya aman , damai namun teman –teman diluar sana membuat provokasi, bilang orang kelaparan dan lain –lain, saya ingin tahu ada kelaparan dimana?” tanya Sekda.

Kelompok KKSB Pimpinan Purom Wenda, Kata Cristian, ini memang harus dikeluarkan dari Balingga, masyarakat disana sudah terlalu lama menderita dengan perlakuan mereka, jangan daerah lain aman –aman tetapi masyarakat Lanny Jaya terus mendapat terror, masyarakat juga ingin aman dan tenang, sehingga kelompok ini harus dikeluarkan.

Sekda menilai, jika pelanggaran HAM berat itu ketika anak –anak di Balingga bertahun –tahun tak dapat pendidikan dan tak punya wawasan, bertahun –tahun sakit HIV. (jo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *