Paud Amanda Papindo Launching Wahana Outbond

Kepala Seksi pengembangan dan sumberdaya Daniel Mesak membuka tirai sebagai tanda diresmikannya Wahana Outbond Paud Amanda Papindo Indonesia di BP PAUD dan DIKMAS Papua, Junat (16/11). (FOTO : Robert Mboik/ Cepos)

JAYAPURA-PAUD Amanda Papindo Indonesia Papua, Jumat (16/11), kemarin melaunching pembukaan outbond untuk anak-anak PAUD. Adapun jenis permainan yang disiapkan seperti Flaying Fox, Jembatan tali dua, jembatan tali tiga, terowongan ban dan kolam renang.

” Jadi wahana ini disiapkan secara khusus untuk anak-anak usia dini,” kata Kepala Sekolah PAUD Amanda Papindo Indonesia-Papua Margareta J.T Gaspersz, S.Pd kepada koran ini usai peresmian outbond di Kantor BP-PAUD dan Dikmas Papua, Jumat (16/11), kemarin.

Dia mengatakan, outbond ditingkat Paud ini baru pertama kali dan satu-satunya di Papua. Outbond ditingkat Paud ini dibuat dengan tujuan untuk mengasah kemampuan anak-anak dimulai dari mulai usia dini. Misalnya melatih kemampuan anak-anak secara khusus berkaitan dengan kemampian motorok kasar dsn halu dari anak-anak tersebut saat menaiki dan menurun tangga atau melalui rintangan-rintangan yang ada di dalam wahana permaiman tersebut.

“Semua PAUD yang ada sebenarnya sama tapi yang sedikit berbeda dengan Paud yang lain mingkin disini ada outbondnya,” ungkapnya.

Lanjut dia, sangat penting setiap anak diusia dini untuk diperkenalkan dengan berbagai wahana permainaan yang boleh dibilang sedikit menantang. Karena dari situ akan terbentuk karakter atau kepribadian anak yang lebih berani, mandiri, bisa hidup berdampingan dengan orang lain. Selain itu melalui pembelajaran seperti itu juga anak-anak akan belajar hidup yang bermoral, etika dan sopan santun serta mampu mencintai lingkunganya.

“Dari sisi sosial emosionalnya melalui kegiatan ini juga anak diajarkan untuk bisa bersosialisasi dengan teman-temannya. selain itu kemandirian dan juga keberaniannya akan diasa melalui pembelajaran dalam wahan permaiann yang disediakan di dalam outbond itu,” harapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Balai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Ir. Daniel Mesakh HW, MM mengatakan kedepan pihaknya akan terus meningkatkan sarana belajar yang dibutuhkan anak-anak di PAUD tersebut. Pihaknya berharap melalui wahana permainan yang dihadirkan oleh pemerintah saat ini bisa memberikan manfaat yang besar dalam proses tumbuh kembang anak kedepan. (roy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *