Monumen Kapsul Waktu Miliki Semangat Para Avengers

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriani Jokowi didampingi Gubernur Papua, Lukas Enembe menyaksikan seorang bocah Papua berpakaian adat Papua saat memasang Kapsul  Waktu Impian Indonesia 2015-2085 di Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Jumat (16/11).

MERAUKE-Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, Jumat (15/6/11), kemarin. Peresmian ditandai dengan peletakan 36 kapsul secara permanen di Monumen Kapsul Waktu  oleh Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriani,  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,  Gubernur Papua, Lukas Enembe,  Bupati Merauke Frederikus Gebze dan anak-anak usia SD yang membawa 34 kapsul mimpi dari 34 provinsi di Indonesia.

Tujuh mimpi anak-anak bangsa diletakkan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia.

“Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Apakah tujuh mimpi besar itu telah bisa kita wujudkan? Jadi, ini bukan semata-mata monumen biasa. Ini adalah monumen impian kita bersama,” ungkap Presiden Jokowi ketika memberi sambutan.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa untuk bisa dibaca, bertahan puluhan tahun, maka tujuh impian anak-anak bangsa dimasukkan dalam kapsul yang bentuknya sangat futuristik.

“Saya juga mengikuti di media sosial yang  ramai membicarakan  Monumen Kapsul Waktu ini. Katanya, bentuknya seperti markas Avengers yang juga sangat futuristik,” ucap Presiden.

Monumen ini, lanjut Presiden, memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avengers. Para Avengers, bukan hanya punya mimpi besar.

“Tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah. Begitu pula,  melalui monumen ini, kita bukan saja meletakkan mimpi kita sebagai bangsa yang besar, tapi kita akan berkerja keras, bekerja bersama, berikhtiar untuk mewujudkan mimpi besar itu,” kata Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian yang sangat tinggi kepada Papua.  Bahkan menurut catatan Gubernur Enembe,  Presiden Jokowi telah mengunjungi Papua sebanyak 10 kali.  Karena itu,  Gubernur Lukas Enembe berharap Jokowi dapat melanjutkan   memimpin Indonesia 5 tahun lagi ke depan. .

Kedatangam Presiden Jokowi ke lokasi peresmian disambut masyarakat secara antusias.  Sepanjang jalan dari tempat menginap semalam di swiss belHotel Merauke,  ribuan anak sekolah dan masyarakat berkumpul dan melambaikan bendera merah putih di tangan mereka

Bahkan suara aplaus dari warga saat mobil RI 1 berbendera Indonesia itu lewat di hadapan masyarakat.

Presiden ketujuh tersebut tiba di Bandara Mopah, Merauke menggunakan pesawat kepresidenan Jumat (17/11) dinihari sekitar pukul 01.20 WIT.  Setelah sampai di Merauke,  Presiden selanjutnya menuju swiss belHotel untuk istirahat.

Sabtu (117/11) hari ini,  rencananya  Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan dari Merauke ke PNG untuk menghadiri KTT APEC.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Irianto Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur Papua  Lukas Enembe, dan Bupati Merauke Frederikus Gebze. (ulo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *