Jokowi Janjikan  PLBN  Sota Dibangun  Mulai Januari

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriani Jokowi saat foto bersama di salah stau patok tugu  perbatasan di Sota, Merauke-Papua, Jumat (16/11).(FOTO : Sulo/Radar Merauke)

MERAUKE-Presiden  Republik Indonesia menjanjikan   pembangunan  Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota akan dibangun mulai  Januari 2019 mendatang. “Rencana mulai dibangun  Januari  2019 dan harus selesai  Agustus 2019,’’ kata  Presiden Jokowi,  kepada wartawan saat meninjau    Tapal Batas NKRI paling Timur di Merauke-Sota tersebut, Jumat (16/11).      

Menurut Presiden, pembangunan      PLBN   ini  sebagai bentuk kedaulatan  bangsa Indonesia.  Karena itu, lanjut dia, selama 4 tahun  sudah dibangun  7 PLBN    di daerah perbatasan darat  dengan negara tetangga seperti Entikong, Wini, Mutain dan  Skouw. ‘’Nah, tiba saatnya di Sota ini   kita bangun,’’ jelasnya.

Dengan pembangunan PLBN ini, jelas  Presiden, selain menjadi pertumbuhan   ekonomi baru  juga sebagai etalase sebagai kebanggaan  kita karena merupakan beranda dari  negara.

Menurut   Presiden, di dalam PLBN  tersebut selain ada pos karantina dan imigrasi yang dibangun, dirinya juga telah meminta agar    pasar juga ikut dibangun sehingga ada kegiatan ekonomi. ‘’Nanti masyarakat  lokal disini bisa berjualan. seperti  di Skouw-Wutung,’’ terangnya.

    Kunjungan    Presiden Jokowi  ke Tapal Batas NKRI di Sota  tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Sota. Sepanjang   jalan masuk tapal batas  tersebut telah terpasang umbul-umbul dan bendera merah putih. Masyarakat  dan anak sekolah  juga menyambut kedatangan  Presiden dan rombongan  dengan melambaikan  bendera merah putih. Bahkan saat  akan meninggalkan Sota, banyak warga   yang meminta  Presiden  untuk berfoto selfi membuat Paspampres terlihat kewalahan mengawal orang nomor satu  di Indonesia itu.

   Presiden juga mengunjungi salah satu pos pengamanan perbatasan negara tersebut, Yonif  Mekanis 521/DY.  (ulo/gin/tri) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *