Dukung Perda Miras , Selamatkan OAP dari Bahaya Miras

Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, dalam Hearing Publik Komisi I DPR Papua tentang Perda Miras Nomor 15 Tahun 2013, di Hotel Horison Jayapura, Jumat (16/11) kemarin. (FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Penyelamatan Orang Asli Papua (OAP) dari bahaya minuman beralkohol/keras (Miras) memang harus dilakukan, guna menyelamatkan OAP di atas tanahnya sendiri.

Hal ini disampaikan langsung Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, usai berpartisipasi dalam hearing publik yang diinisiasi Komisi I DPR Papua tentang Perda Miras Nomor 15 Tahun 2013, yang dilaksanakan di Hotel Horison Jayapura, Jumat (16/11) kemarin.

“Kami beri apresiasi dengan kegiatan yang dilakukan ini, sebab, baik DPR Papua maupun generasi muda mendukung kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Papua melalui Perda Nomor 15 Tahun 2013 tentang pelarangan produksi pengedaran dan penjualan minuman beralkohol,” ungkap Doren Wakerkwa kepada Cenderawasih Pos, Jumat (16/11) kemarin.

Disebutkan Doren, seluruh generasi muda harus menginisiasi terciptanya satu langkah untuk menyelamatkan OAP di atas tanahnya sendiri. Hal ini perlu dilakukan guna mendukung regulasi pelarangan Miras yang sudah ada, sehingga OAP tidak habis di tanah kelahirannya sendiri.

“Dasar berupa regulasi sudah ada, sehingga tinggal bagaimana tindakannya yang harus digenjot lagi. Kami rangkul seluruh generasi Papua untuk peduli soal masalah sosial kemasyarakatan, dalam hal ini soal Miras,” tambahnya.

Hal inilah yang diakui Doren bahwa generasi muda yang hadir dalam hearing publik tersebut siap mendukung kebijakan pemerintah untuk tidak mengindahkan Miras di mana pun di Papua. Sebab, selain sudah bertentangan dengan ajaran agama serta hukum, Miras juga bertentangan dengan adat istiadat OAP. “Kami tidak mau orang Papua banyak yang meninggal akibat Miras,’’tegasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *