Perlu Kerjasama, Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

JAYAPURA- Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, mengimbau seluruh jajaran Dinas Kesehatan di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota, serta mitra kesehatan, untuk dapat bekerja sama meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat Papua.

“Hal ini akan terwujud kala semuanya berperan serta dalam upaya kesehatan, di mana memprioritaskan promotif – preventif. Dengan memprioritaskan promotif – preventif, maka menekankan perilaku hidup sehat mulai dari sini sendiri. Hal ini merupakan satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat,” Elysa Auri, Rabu (14/11) lalu.

Menurut Auri, pada 4 tahun terakhir, pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo telah berupaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial, berupa pembayaran iuran bagi Penerima Bantuan Iuran (PIB) hingga mencapai 92,3 juta jiwa.

Tidak sampai di situ,  mulai dari fasilitas kesehatan pertama melalui layanan Jasa Kesehatan Nasional (JKN), fasilitas tingkat lanjutan, hingga pemenuhan SDM kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) juga mengalami peningkatan.

Bahkan, untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan, terdapat 104 rumah sakit rujukan regional, 20 rumah sakit rujukan provinsi, 4 rumah sakit rujukan nasiona, dan 408 rumah sakit lainnya.

Di kesempatan lainnya, Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., bahwa mengonfirmasi bahwa di 5 tahun terkahir, pelayanan kesehatan di Provinsi Papua mengalami peningkatan yang sangat signifikan, meskipun ia tak mengelak pula bahwa terdapat beberapa program kesehatan yang tidak berjalan dengan baik. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *