Pemkab Keerom Sukses Gelar  Kegiatan Bursa Inovasi Kampung

Noel/Cepos
Bupati  Keerom Muh Markum SH MH MM, Sekda Blasius Waluyo Sejati, Kepala BPMPK Keerom, Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si  dan para Muspida lainya saat foto bersama  usai kegiatan di Kantor Bupati Keerom, Kamis (15/11).

KEEROM – Pemerintah Kabupaten Keerom melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) sukses mengelar kegiatan Bursa Inovasi Kampung di Kabupaten Keerom. Bupati Kabupaten Keerom Muh Markum SH MH MM  dalam sambutanya mengatakan bursa Inovasi Kampung merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Kampung- Kampung di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten Keerom.

  “Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desayaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah Kampung akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif,” katanya, di Kantor Bupati Keerom, Kamis (15/11).

  Bupati   Keerom Muh Markum SH MH MM mengatakan pemerintah terus berusaha melaksanakan pembangunan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan menuju tercapainya visi Pemerintah  “Terwujudnya Jati Diri Masyarakat Keerom Yang Mandiri, Berkarya, Handal dan Sejahtera Sebagai Beranda Terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Maka pemda berupayah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung melalui peningkatan kapasitas kampung dengan kegiatan Bursa Inovasi Kampung,” katanya.

  Ia berharap kepada seluruh peserta Bursa Inovasi Kampung yang hadir agar kegiatan yang ditampilkan pada menu Bursa untuk dapat direplikasi atau ditiru oleh kampung lain sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing Kampung.

     “Kami senantiasa mencari dan melakukan upaya-upaya terobosan baik dalam rangka pengelolaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan juga Prospek sehingga mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di kampung,” katanya.

   Sementara itu, Kepala BPMPK Keerom, Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si mengungkapkan bahwa  sebagai kabupaten yang pertama ditunjuk mengelar kegiatan ini di Papua, pihaknya mengharapkan ide – ide kreatif dalam menu – menu bursa inovasi yang ditampilkan  di bidang pengembangan Sumberdaya manusia, kewirausahaan pengembangan ekonomi lokal, dan infrastruktur dapat  direplikasi oleh kampung-kampung di kabupaten keerom.

  “Maka diharapkan meningkatkan kemampuan kampung dalam mempercepat kesejahteraan kampung – kampung melalui peningkatan kapasitas kampung dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kampung yang lebih inovatif dan berkualitas,” ujarnya. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *