Menteri BUMN: Freeport Akan Diminta Beri Dukungan bagi PON Papua

Menteri BUMN, Rini Soemarno saat menerima kunjungan rombongan Pemerintah Provinsi Papua yang dipimpin Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH., dan Klemen Tinal, SE., MM, di kantor Kementerian BUMN, Rabu (14/11) lalu.

JAKARTA– Berkaitan dengan road show Pemerintah Provinsi Papua ke kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri BUMN, Rini Soemarno, menyebutkan bahwa Freeport pun akan diminta untuk memberikan dukungan penuh bagi penyelenggaraan PON Papua.

“Kami minta Freeport untuk memberikan dukungan sepenuhnya. Sseperti juga Telkom, Pertamina dan Perbankan kami pastikan  juga akan mendukung,” sebut Rini Soemarno, Rabu (14/11) lalu.

Hal ini disampaikan Soemarno usai menerima kunjungan rombongan Pemerintah Provinsi Papua yang dipimpin Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH., dan Klemen Tinal, SE., MM, di kantor Kementerian BUMN, Rabu (14/11) lalu.

Pada dasarnya, satu hal yang ditekankan Menteri BUMN ialah pembentukan tim untuk PON Papua. Hal ini diperlukan untuk mendukung suksesnya PON Papua pada 2020 nanti.

“Untuk PON Papua, kami akan melihat semua programnya. Saya sudah bilang juga ke Gubernur Papua agar membentuk tim yang dapat melihat kebutuhan untuk PON Papua. Dari kebutuhan yang belum terpenuhi itu barulah kami sebagai BUMN membantu secara menyeluruh,” paparnya.

Hal lain yang juga Soemarno tekankan ialah promosi sektor pariwisata di Papua. Sebab, selain ajang olahraga pada PON Papua, promosi objek wisata di Provinsi Papua itu sendiri mesti dilakukan. Bukan tanpa alasan, sebab, kala berbicara PON, bukan semata-mata soal olahraga saja, tapi terdapat beberapa hal lainnya yang juga berkaitan, seperti halnya peningkatan perekonomian di berbagai sektor dan promosi objek wisata.

“Tentunya ini tidak lepas dari daerah-daerah yang memiliki potensi di bidang pariwisata. Demikian, promosi sangat penting dilakukan, sehingga masyarakat Indonesia pada umumnya bisa mengenal Papua secara menyeluruh,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., memuji langkah Menteri BUMN, Rini Soemarmo. Artinya, Enembe menilai bahwa Menteri BUMN sangat memahami kondisi Papua, terlebih dalam pelaksanaan PON Papua di 2020 nanti.(gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *