Cegah Penyakit,  Dinkes  Biak Galakkan Germas 

BIAK- Pemerintah Kabupaten Biak Numfor terus melakukan upaya pencegahan penyakit di masyarakat melalui berbagai program. Salah satunya yang saat ini sedang digalakkan adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).  Dengan Germas itu, maka diharapkan berbagai upaya-upaya pencegahan dapat ditingkatkan melalui berbagai program hidup sehat.

  “Salah satu cara yang kami lakukan untuk mengkampanyekan di  masyarakat adalah bagaimana memperhatikan tentang pola hidup sehat, dan itu salah satunya dikampanyekan melalui kegiatan Germas,”  kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor dr. Daisy Ch Urbinas.

  Melalui  program Germas itu ke depan masyarakat dapat lebih sehat lagi, dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera pula. Pasalnya, lanjutnya, bahwa  salah satu tolok ukur sehat adalah terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Namun, dijelaskan pula, sehat memiliki makna yang sangat luas.  Bahkan, berdasarkan undang-undang Kesehatan disebutkan, jika yang dikatakan sehat adalah tidak ada gangguan dari dalam tubuh.

  “Jadi sehat itu adalah sehat secara jiwa, raga dan sosial spiritualnya. Yakni, sehat utuh atau lengkap. Sehat jiwanya itu artinya terbebas dari penyakit. Baik penyakit menular atau tidak menular. Kita tidak hanya mengobati saja, tapi juga mencegah masyarakat tidak sampai sakit dan itu yang menjadi perhatian serius dalam program Germas,” kata dr. Daisy.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *