Beli Motor Tanpa Surat-surat Bisa Dikenakan Pasal Penadah

Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Dony Cancero,(FOTO: Yewen/Cepos)

SENTANI-Banyaknya pembeli motor murah tanpa surat-surat menjadi perhatian tersendiri bagi Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura. Dari hasil razia dan operasi yang dilakukan, ternyata masih ditemukan pengendara yang tidak memiliki surat-surat.

Oleh karena itu, Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon melalui Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Dony Cancero mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Jayapura untuk tidak membeli motor dengan harga murah tanpa dilengkapi surat-surat.

Menurut Dony, jika masyarakat masih membeli motor murah tanpa surat-surat dan ketika mengendarai dan diamankan oleh pihak kepolisian, maka para pembeli bisa dikenakan pasal penadah dengan ancaman pidana.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak membeli motor murah yang tidak ada surat-suratnya, kalau ketahuan, maka bisa kenakan Pasal 480 KUHP tentang penadah dengan ancaman 5 tahun penjara,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/11) kemarin.

Dony meminta kepada masyarakat untuk tidak tergiur dan mudah tergoda dengan harga murah yang ditawarkan oleh para pelaku, karena jika ketahuan dan diamankan pihak kepolisian, maka pembeli akan dipidanakan sesuai pasal yang berlaku dalam KUHP.

“Kami harapkan sebelum membeli motor, agar memastikan kelengkapan surat-suratnya sehingga tidak asal membeli motor murah,”ucapnya.

Perlu diketahui bahwa Polres Jayapura sendiri sudah beberapa kali mengamankan pengendara bersama sepeda motor (SPM) tanpa identitas dan sudah beberapa pembeli atau penadah diproses sampai ke persidangan di Pengadilan Negeri Jayapura. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *