120 Mahasiswa FKM Uncen Gagal Diwisuda

Robert Mboik/ Cepos
Dr.Ir.Apolo Safanpo, S.T,M.T

JAYAPURA-Sebanyak 120 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masayarakat Universitas Cendrawasih Jayapura harus harus batal wisuda karena masalah akreditasi jurusan tersebut.

“FKM harus batal wisuda karena masa berlaku akreditasi sebelumnya sudah berakhir sehingga harus pengajuan baru,” kata Rektor Uncen Dr.Ir.Apolo Safanpo, S.T,M.T kepada wartawan usai mewisuda 900 mahasiswa di Auditorium Uncen, Kamis (15/11), kemarin.

Dia mengatakan, 120 mahasiswa ini terpaksa harus menunda wisuda karena pihak jurusan terlambat mengajukan akreditasi baru. Sebab secara aturan katanya, jurusan harus mengusulkan reakreditasi minimal enam bulan sebelum berakhirnya akreditasi terdahulu.  Sambung dia, 120 mahasiswa ini sudah menyelesaikan yudisiumnya dan hanya menunggu jadwal wisuda.

Dia mengakaui, kenyataan ini memang mendapat penolakan dari pihak mahasiswa dan juga orang tuanya. Namun kemudian hal itu langsung dijelaskan oleh rector, bahwa jika tetap diwisudakan maka sudah pasti Ijazah tersebut tidak bisa dipakai karena tidak memiliki dokumen akreditasi. “Kalau dipaksakan maka nanti ijazah itu tidak bisa digunakan karena belum ada dokumen akreditasi untuk jurusannya,” ungkapnya.

Setelah mendapat penjelasan itu orangtua dan mahasiswa akhirnya paham dan mau menunggu hingga proses tersebut selesai. Selanjutnya mahasiswa ini akan diwisudakan setelah akteditasinya dikeluarkan oleh kementerian Ristekdikti. Saat ini pihaknya sedang menunggu hasil visitasi dari asesor badan akreditasi nasional untuk melakukan verifikasi terhadap data yang dimiliki di program studi FKM itu.

“Saya sudah minta ke dekan fakultas kemarin karena wisuda gelombang 1 2019 itu akan di laksanakan bulan Maret maka selambat-lambatnya satu bulan sebelumnya itu proses itu harus sudah selesai,” tuturnya. (roy/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *