Pendataan OAP Berlanjut ke Distrik Apalapsi

Penyerahan e-KTP kepada penduduk di distrik Apalapsili, usai pendataan OAP di Distrik tersebut, senin (5/11) lalu. (FOTO : Humas Pemkab Yalimo for Cepos

YALIMO– Pendataan orang asli papua (OAP) terus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Yalimo dalam hal ini dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Yalimo,  dan pada Senin ( 5/11) kembali melaksanakan pendataan di Distrik Apalapsili.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil, Ismail Peyon, S.Pd, M.Pd  bahwa untuk pendataan orang asli Papua sudah dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi, S.Sos pada 2 November 2018 maka selanjutnya,  pihaknya melakukan hal yang sama di Distrik Apalapsili sesuai dengan aturan yang ada yaitu 51 kampung di Apalapsili,” kami sudah kami data dan itu kami lakukan lanjutan dari tahun 2016,” ujarnya.

“ Saya berharap apa yang kita lakukan tentang pendataan orang asli Papua ini bisa maksimal sesuai dengan harapan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten sebagai tempat pelaksanaan pendataan orang asli Papua, “ paparnya.

  Pendataan orang asli papua merupakan control dari pusat terhadap kabupaten dari semua segi terutama dalam bidang pembangunan karena orang asli papua sangat penting untuk mendapatkan apa yang seharusnya dia terima.

“ Untuk jumlah penduduk di Kabupaten Yalimo dari 5 distrik dan 300 kampung terus akan kita lakukan pendataan sehingga dari hasil yang kita dapat bisa menjadi tolak ukur banyaknya orang asli papua di setiap kabupaten,” terannya.

Sasaran berikutnya untuk pendataan OAP yaitu Distrik Welarek, Distrik Benawa dan terakhir Distrik Abenaho.” Dan untuk itu kami minta dukungan dari semua stake holder yang ada di Yalimo untuk dapat mendukung program ini sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,” jelasnya. (humas yalimo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *