Dana Kelurahan Pemkot Dapat Rp 8.8 Miliar di Tahun 2019

Adolf Siahay (FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura Adolf Siahay mengatakan, pemerintah Kota Jayapura tahun 2019 akan mendapatkan kucuran dana untuk kelurahan sebesar Rp 8,8 miliar, dana ini nanti akan dibagi di 25 Kelurahan se Kota Jayapura.

Namun secara teknis dalam pembagiannya berapa kali dicairkan dalam 1 tahun, untuk sementara waktu akan dibahas Juknisnya apakah sama dengan pembagian Dana Desa atau lain.

   “Kita tahun 2019 mendapatkan dana kelurahan sebesar Rp 8,8 miliar untuk 25 Kelurahan, dana akan dicairkan tahun 2019, langsung dikelola oleh masing-masing kelurahan, dan tetap dalam pelaporan SPJ kita tetap awasi, “ungkap Adolf kepada Cenderawasih Pos, Rabu(14/11)kemarin.

  Dijelaskan, dalam pembagian dana keluarahan, setiap kelurahan dapatnya tidak sama. Ada yang besar, ada juga yang kecil, dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah dan berapa jumlah warga miskin di kelurahan itu.

  “Untuk di Kota Jayapura tidak melihat kemahalan kontruksi, karena semua barang material ada di kota, sehingga tunjangan kemahalan ini kami tidak gunakan,”imbuhnya.

  Ditambahkan, jika dana Rp 8,8 miliar dibagi di 25 kelurahan dengan pembagian melalui konsep di atas. Maka, rata rata pembagian ada yang mendapat Rp 270 juta ada juga yang sampai Rp 413 juta, dimana dana kelurahan sesuai dengan arahan Presiden RI, digunakan untuk dua pembiayaan saja yaitu pembiayaan pembangunan Sarana dan prasarana di Kelurahan dan pemberdayaan kemasyarakatan di kelurahan. Sedangkan dana dikelola langsung kelurahan.(dil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *